Ratusan WNI Asal Luar Negeri Diperiksa di Bandara Soetta

Palapanews.com- Sebanyak 830 warga negara Indonesia (WNI) yang kembali dari Arab Saudi dan Malaysia dilakukan pemeriksaan ketat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mendeteksi dini virus corona (covid-19) terhadap penumpang yang datang dari negara yang terjangkit.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Dr Anas Maruf mengatakan, protokol kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan sesuai yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dijalankan terhadap WNI yang mayoritas merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) tersebut.

“Pemeriksaan kesehatan tambahan diantaranya, pertama adalah wawancara dan penyelidikan epidemologi. Kedua dilakukan pengamatan pada gejala dan yang ketiga dilakukan test saturasi oksigen,” ujarnya, Jumat, 10 April 2020.

Anas menambahkan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan tambahan lainnya menggunakan rapid test untuk deteksi dini apakah terpapar virus corona atau tidak.

“Kemudian mereka yang kita lihat agak sakit atau batuk, kita lakukan pemeriksaan test cepat menggunakan rapid test secara selektif atau random,” katanya.

Hasil pemeriksaan itu, Anas menjelaskan, tidak menemukan WNI yang terpapar atau susspect corona. Mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke kampung halaman masing-masing serta dilengkapi Clearance Kesehatan.

“Ratusan WNI dari dua penerbangan Malaysia dan satu penerbangan Arab Saudi dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif. Sepanjang kedatangan WNI tersebut kemarin dilakukan pemeriksaan tambahan, beberapa dilakukan test cepat, tidak ada yang mengarah ke covid-19. Maka kemudian kita release mereka. Kita berikan clearance dari KKP,” jelasnya.

Anas menuturkan, clearance dari KKP tersebut merupakan surat keterangan yang nantinya dilaporkan ke dinas kesehatan kota/kabupaten asal WNI tersebut. Para WNI tersebut juga diwajibkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Kami melakukan pemberitahuan atau notifikasi kepada dinas kesehatan melalui KKP setempat untuk melakukan pemantauan selanjutnya dengan bentuknya clearance kesehatan,” katanya.

Sebanyak 830 WNI tersebut tiba di Tanah Air pada Kamis, 9 April 2020 menggunakan tiga penerbangan dengan rincian, 253 orang menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH-711 tiba pukul 11.00 WIB, kemudian 260 orang menggunakan Malaysia Airlines MH-723 tiba pukul 17.05 WIB.

Sementara, sebanyak 317 orang dari Arab Saudi menggunakan pesawat Saudia Airlines SV-818 yang tiba pada Jumat, 10 April 2020 pukul 01.15 WIB.(rik)

Komentar Anda

comments