Rp240 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tangerang

Palapanews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menaikkan seluruh anggaran penanganan wabah virus corona atau covid-19. Hal tersebut berdasarkan Kabupaten Tangerang yang akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Anggaran baik penyediaan lokasi karantina hingga alat kesehatan hingga anggaran soal jaring pengamanan sosial naik,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Maesal Rasyid, Kamis, 9 April 2020.

Maesal mengatakan, penambahan anggaran itu berdasarkan usulan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tangerang. Menurutnya total anggaran saat ini mencapai Rp240 miliar.

“Terus ada tambahan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Banten senilai Rp13,8 miliar, yang berarti anggaran secara keseluruhan di Kabupaten Tangerang ada Rp253,8 miliar,” katanya.

Adapun penambahan anggaran terjadi pada penyediaan alat kesehatan ataupun lokasi karantina dari yang sebelumnya Rp70 miliar kini bertambah menjadi Rp90 miliar. Kemudian, untuk anggaran jaring pengaman sosial dari yang sebelumnya Rp20 sampai Rp40 miliar, kini menjadi Rp150 miliar.

Maesal menambahkan, pihaknya tengah fokus merumuskan terkait proses pendistribusian anggaran pengaman sosial bagi setiap masyarakat yang terdampak virus itu.

“Ini yang mau kita lakukan sementara, apakah pendistribusian berupa sembako atau uang tunai. Selain itu, kita minta Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan untuk mendata masyarakat yang terdampak, seperti tenaga kerja yang dirumahkan, ada juga industri olahan, home industri atau UMKM,” jelasnya.(rik)

Komentar Anda

comments