Masuk Cluster Nusa Dua Wajib Masuk Bilik Disinfektan dan Cek Suhu Tubuh

oleh -
Cluster Nusa Dua di Villa Dago Pamulang. Foto: Nad
banner 300250

Palapanews.com- Merebaknya virus Covid-19, warga Cluster Nusa Dua RT 06/20 Villa Dago Pamulang, Kota Tangsel membuat bilik sterilisasi atau bilik disinfektan di pintu masuk perumahannya. Bukan hanya tamu, warga yang kerap masukpun wajib masuk ke bilik disinfektan dan cek suhu tubuh.

Ketua RT 06/20 Syamsul Rijal mengatakan sejak kasus awal virus corona ada di Indonesia, warga berinisiatif membuat langkah pencegahan dengan dana swadaya yang terkumpul.

“Seperti warga cluster yang telah beraktivitas di luar lebih dari 30 menit, wajib masuk ke bilik disinfektan dan menggunakan hand sanitizer. Kemudian berlaku juga pedagang sayur, ojol, pengirim paket dan lainnya,” ujarnya Selasa (31/3/2020).

Rijal menjelaskan, cairan disinfektan yang digunakan berasal dari dettol sebagai antiseptik dan takaran satu liter air dicampur dengan satu tutup botol dettol.

“Dalam satu hari satu malam, menghabiskan 30-40 liter untuk mencukupi 120 Kepala Keluarga (KK) yang ada. Sedangkan biliknya dari baja ringan, plastik dengan diameter 1,5 kali 2 meter dan tinggi 2 meter. Selang dan alat penyemprot untuk membersihkan kompresor AC sehingga keluarnya semacam uap yang berembun,” tuturnya.

Selain menyediakan bilik steril, warga Nusa Dua juga bisa mengambil cairan isi ulang disinfektan yang sudah disediakan.

Wakil RW 20 Algan menambahkan, pihaknya berupaya tetap mensosialisasikan warganya agar tetap menjaga diri, keluarga dan lingkungan sekitar. Tentunya kelurahan selalu berharap masyarakat tetap mematuhi aturan pemerintah.

“Mari sama-sama menjaga dengan mematuhi aturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Jika tidak mendesak jangan beraktivitas di luar rumah jaga jarak jika berkomunikasi dan rajin-rajin mencuci tangan,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Benda Baru, Pamulang Rifki Aprilian turut mengapresiasi warganya yang berinisiatif membuat terobosan agar terhindar dari virus Corona. Dengan demikian warga akan merasakan keamanan dan kenyamanan dari rasa was-was.

“Kami sangat mengapresiasi kepada warga RT 06 RW 20 yang sudah melakukan langkah-langkah prefentif di tengah penyebaran virus Corona. Semoga ini menjadi contoh untuk RT dan RW yang lain termasuk seluruh kelurahan yang ada di Kota Tangsel,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments