Area Bandara Soekarno Hatta Disemprot Disinfektan

Palapanews.com- Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dilakukan penyemprotan cairan disinfektan guna pencegahan penyebaran virus korona atau covid-19. Penyemprotan itu dilakukan di Terminal Keberangkatan (curbside) hingga area parkir di terminal masing-masing.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi, mengatakan disinfeksi ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus korona. Terlebih, lanjutnya, area publik merupakan daerah yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna jasa bandara.

“Seperti kita ketahui, area curbside dan area parkir adalah tempat paling ramai dikunjungi. Di area tersebut tidak hanya penumpang saja, namun juga pengantar, penjemput dan juga pengunjung. Oleh karenanya kita melakukan disinfeksi,” ujarnya, Rabu, 25 Maret 2020.

Agus menjelaskan proses penyemprotan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif Hydrogen Peroxida tersebut dimulai dari area curbside Terminal 1A hingga gedung parkir Terminal 3 Domestik.

“Penyemprotan seperti ini akan rutin dilaksanakan, baik di area publik maupun di dalam gedung terminal. Khusus tempat-tempat yang banyak disentuh oleh penumpang seperti, trolley, kursi, lift dan escalator serta travelator juga rutin dibersihkan menggunakan cairan disinfektan,” jelasnya.

Agus menambahkan pihaknya telah menyediakan sebanyak delapan disinfection tunnels (tempat penyemprotan disinfektan khusus) terhadap pengguna jasa atau penumpang (pax) dan pekerja di Terminal 1, 2 dan 3.

“Kami juga telah menempatkan empat disinfection tunnels untuk pax di Terminal 3 unit disinfection tunnels untuk pekerja yang masuk melalui loading dock domestik maupun Internasional, serta dua unit disinfection tunnels di Terminal 1 dan 2,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Agus menambahkan tempat cuci tangan (wastafel portable) juga ditambah di area yang banyak dikunjungi pengguna jasa. Sebanyak 18 wastafel portable tersebar di sejumlah titik, mulai dari area kedatangan, food hall, area perkantoran, taman pensil, secondary curbside, SMMILE Center, serta loading dock domestik dan internasional.

“Kami juga menambah tempat hand sanitizer yang mudah ditemukan oleh pengguna jasa bandara. Saat ini terdapat sebanyak 148 titik di tiga terminal, mulai dari area check-in, Security Check Point (SCP) 2, Boarding Lounge, jalur kedatangan internasional, jalur imigrasi, jalur bea cukai, perkantoran dan area publik termasuk shelter bus, taksi dan skytrain,” jelasnya.

Agus berharap penyemprotan cairan disinfektan di area publik ini, masing-masing terminal dapat steril dari virus.

“Kami juga mengimbau kepada pengguna jasa bandara agar lebih aware akan pentingnya menjaga kebersihan,” katanya.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta telah diberlakukan social distancing di seluruh Terminal guna meminimalisir penyebaran virus korona. Social Distancing diterapkan mulai di pintu masuk terminal atau SCP 1, tempat duduk, lift, check-in konter, boarding lounge serta Garbarata.

Setiap orang pun yang memasuki gedung terminal wajib melalui pemeriksaan suhu tubuh. Pemeriksaan tersebut tidak hanya berlaku untuk penumpang domestik maupun internasional, namun juga terhadap seluruh pengunjung dan pekerja yang beraktivitas di Bandara Soekarno-Hatta. (rik)

Komentar Anda

comments