Kapolri dan Panglima TNI Tanam Mangrove di Mauk Tangerang

Palapanews.com- Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menanam pohon mangrove dan menebar benih ikan di Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Selain di Tangerang, kegiatan tersebut pun serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang. Jadi kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, ini hanya simbolis saja,” ujar Idham, Jumat, 21 Februari 2020.

Idham menuturkan, kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan. Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat dan generasi muda lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kita menstimulus kegiatan ini bersama-sama sekaligus mengajak, mengimbau masyarakat generasi muda bahwa kepedulian terhadap lingkungan baik itu penghijauan, penanaman mangrove, penebaran benih ikan, dan lain-lain, merupakan tanggung jawab moral kita bersama untuk kita menyiapkan generasi kita yang lebih baik nanti ke depan agar menjaga kelestarian ini semua,” jelasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, penanaman pohon mangrove memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Lanjutnya, ekosistem mangrove bisa menjaga pantai dan bermanfaat bagi nelayan.

“Penanaman mangrove, penyebaran benih ikan memiliki peran penting, tidak hanya terkait nelayan di sini saja. Keberadaan hutan bakau yang baik, terpeliharanya ekosistemnya juga akan menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas,” kata Hadi.(rik)

Komentar Anda

comments