Bupati Pastikan Beasiswa PTN Bagi Mahasiswa Serang Bertambah

Palapanews.com – Bupati Serang Tatu Chasanah memastikan, tahun ini, 2020 akan menambah beasiswa perguruan tinggai negeri (PTN) bagi mahasiswa baru.

Tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Serang memberikan beasiswa kepada 64 mahasiswa berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi.

Adapun para penerima bea siswa tersebut terdiri masing-masing; 44 mahasiswa diploma satu (D-1) di Untirta, 13 Mahasiswa Diploma Tiga (D-3) di Universitas Indonesia, dan 7 mahasiswa sarjana kedokteran (S-1) di Fakultas Kedokteran Untirta.

Khusus untuk penerima beasiswa di UI, diberikan biaya hidup oleh Pemkab Serang dan Baznas Kabupaten Serang. Ditambah juga beasiswa untuk 2 mahasiswa sarjana Untirta dari CSR BPR Serang.

“Para mahasiswa penerima beasiswa memiliki rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 3,6 poin atau sudah memasuki kategori cum laude,” ungkap Tatu saat menerima silaturahim penerima beasiswa dan para orangtua di Pendopo Bupati Serang, Kamis (23/1/2020).

Pada kesempatan itu, Tatu berjanji, memastikan, para penerima beasiswa bertambah tahun ini, yakni sebanyak 25 mahasiswa D-1 di Untirta dan 6 mahasiswa D-3 UI.

“Saya sudah sepakat dengan pimpinan DPRD, beasiswa ini terus berlanjut. Kita lihat kemampuan anggaran, tapi insya Allah beasiswa jalan terus. Kita harus terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Serang,” tegasnya.

Asep Nugrahajaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, mengatakan, silaturahim tersebut merupakan bagian dari evaluasi program serta untuk mengetahui linieritas antara rencana, kegiatan, anggaran, dan keberhasilan belajar para mahasiswa.

“Kegiatan evaluasi ini diikuti juga oleh orangtua. Dapat dipastikan bahwa orangtua memiliki andil besar dalam keseriusan belajar anak,” ujarnya.

Berdasarkan hasil perolehan nilai para mahasiswa, kata dia, program beasiawa perguruan tinggi negeri ini dapat dinyatakan sebagai program yang valid, dibuktikan dari proses rekrutmen, keseriusan belajar mahasiswa dan hasil belajar dalam kategori yang bagus.

“Malah luar biasa, anak-anak Kabupaten Serang bisa bersaing, baik di UI maupun di Fakultas Kedokteran Untirta,” jelasnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments