Erick Thohir Datangi Lokasi Banjir di Teluk Naga

Palapanews.com- Menteri BUMN, Erick Thohir meninjau lokasi banjir di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Dalam tinjauannya, ia memastikan seluruh bantuan diterima kepada korban terdampak banjir.

“Kami dari Kementerian BUMN akan bahu membahu meringankan beban warga korban bencana banjir. Saya akan pastikan semua bantuan tersalurkan dengan baik. Semua korban harus menerima bantuan ini,” ujarnya, Minggu, 5 Januari 2020.

Erick menjelaskan, dalam upaya penyaluran bantuan ini perlu dilakukan kerjasama dari semua pihak sehingga warga dapat memperoleh bantuan dengan mudah dan tak ada lagi keluhan terkait kendala penyaluran bantuan.

“Saya apresiasi kekompakan tim penanganan banjir lintas BUMN, ini contoh sinergi BUMN dengan melibatkan swasta dan stakeholder terkait yang sangat baik. Angkasa Pura II sebagai koordinator wilayah Tangerang proaktif dalam hal ini dan saya mengapresiasi kekompakan tim di posko ini,” jelasnya.

Erick mengatakan, tim penanganan banjir lintas BUMN untuk wilayah Tangerang telah menyalurkan sejumlah kebutuhan rumah tangga bagi warga yang masih berada di pengungsian. Selain itu juga terdapat pos pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan hadirnya bantuan tenaga kesehatan seperti dokter, ambulance serta trauma healing center.

“Itulah kenapa kita perlu kordinasi dengan semua elemen, termasuk pemerintah Kabupaten Tangerang dan perangkatnya. Warga juga sudah menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki supaya musibah ini tidak terulang kembali seperti perbaikan tanggul dan bendungan, kebutuhan air bersih. Peralatan sekolah bagi anak-anak juga harus ada. Dapur umum juga sudah ditambah dan bisa menyiapkan 2.000 paket makanan. Yang penting kebersihannya dijaga,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menambahkan, bantuan tim penanganan banjir lintas BUMN dapat mencakup 15.000 korban banjir. Adapun nilai bantuan yang sudah disalurkan hingga saat ini mencapai Rp261 juta.

“Sinergi antar BUMN mampu menjangkau 15.000 korban banjir dan segala bentuk bantuan akan kami catat dan kami update. Bantuan yang masuk bukan hanya dari BUMN saja tapi banyak support juga dari komunitas dan asosiasi yang mengirim bantuan,” kata Awaluddin.

Selain Tangerang, Awaluddin menuturkan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan di wilayah lainnya seperti Bekasi dan rencananya juga akan berkunjung ke sekitaran Halim Perdanakusuma.

“Kami juga sudah bergerak sampai ke daerah Bekasi dan rencananya juga akan ke Halim. Kami akan terus update dan proaktif dalam menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terdampak banjir. Kita juga sudah berkordinasi dengan tim trauma healing center. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat meringankan beban warga dan harapannya kondisi dapat pulih secepatnya,” jelasnya.

Dari catatan posko pengungsian tim penanganan banjir lintas BUMN, warga yang terdampak banjir di wilayah Tangerang sebanyak 15.232 warga yang terdiri dari 5 Kecamatan yakni Batuceper, Cipondoh, Neglasari, Teluk Naga, dan Kosambi.(rik)

Komentar Anda

comments