Angkut Sisa Banjir, Petugas Gabungan Karya Bakti Massal

Palapanews.com- Seribu lebih petugas gabungan Pemerintah Kota Tangerang, TNI dan Polri, turun ke seluruh titik banjir melakukan karya bakti atau kerja bakti massal membantu masyarakat yang terdampak, sehingga mereka bisa bisa menjalankan aktifitasnya kembali.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, dalam kesempatan ini ribuan personel bergerak. Diantaranya, 169 personel Satpol PP, 111 petugas PUPR, 200 personel BPBD, 252 personel TNI, 181 personel Kepolisian, 205 petugas DLH, 75 anggota Dishub, dan 100 petugas Pertamanan.

“Operasi bersih-bersih gabungan ini dilakukan karena luas daerah yang terdampak cukup banyak. Lumpur yang memasuki pemukiman juga cukup luas, maka karya bakti ini dilakukan secara besar-besar, demi mempercepat proses pemulihan seluruh wilayah Kota Tangerang,” ungkap Walikota, saat ditemui di Pasar Rubuh, Kelurahan Petir, Minggu, 5 Januari 2020.

Kata Walikota, hingga saat ini 984 petugas Dinkes juga standby di 22 Posko Kesehatan dan menyebar di seluruh Posko Banjir di seluruh titik kejadian. Memeriksa, menangani dan memastikan seluruh kesehatan masyarakat Kota Tangerang dalam kondisi baik-baik.

Sementara itu, Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf. Wisnu Kurniawan mengatakan, saat ini titik banjir sudah tidak ada, semua fokus pada kerja bakti, pengangkutan sampah, pembersihan fasos fasum. Membersihkan sampah-sampah yang menghambat aliran air kali atau sungai juga menjadi utama.

“Karena menurut BMKG sampai 15 Januari nanti, intensitas hujan masih cukup tinggi. Maka, proses karya bakti benar-benar fokus pada jalur sungai dan kali. Kami menururnkan 252 personel, disebar di Ciledug Indah 1 dan 2, Kelurahan Petir, Pondok Arun dan Periuk,” jelasnya.

Dilokasi yang berbeda, Camat Tangerang, Achmad Budi Wahyudi mengatakan, bersama tiga pilar melaksanakan kerja bakti serta memastikan kesehatan masyarakat, dengan memberantas sarang nyamuk.

“134 KK di wilayah kami terdampak banjir. Beberapa terkena DBD, kita juga harus terus menjaga kesehatan dan kebersihan. Apa pun yang terjadi dari hari kemarin adalah kehendak Allah SWT. Sekarang waktunya kita membangun lagi kesadaran dan kesehatan untuk kondisi yang lebih baik,” katanya.

Diketahui, selumnya 294 titik di Kota Tangerang dilanda banjir dengan ketinggian 15 hingga 130 cm dengan 16 ribu warga yang terdampak. Berdasarkan data yang dimiliki Diskominfo, sejak pukul 17.30, Sabtu (4/1) kondisi 294 titik tersebut sudahnya dinyatakan surut.(ydh)

Komentar Anda

comments