Libur Natal dan Tahun Baru, Trafik Data XL Axiata Jabodetabek Naik 21%

Palapanews.com – Selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020, trafik data di Jabodetabek  meningkat sekitar 8% dibandingkan trafik di hari normal.

Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 21%. Layanan data berbasis games menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya yang mencapai hampir 40%, diikuti oleh web browsing sekitar 15% dan layanan streaming sekitar 10%.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Meskipun banyak warga yang ketika libur kemarin meninggalkan wilayah Jabodetabek, namun di sebagian area trafik layanan tetap mengalami kenaikan di bandingkan hari-hari biasa.”

Francky merinci, misalnya di Kota dan Kabupaten Bogor, trafik mengalami kenaikan sekitar 13% karena adanya beberapa lokasi wisata, seperti Puncak dan Taman Safari. Demikian juga di Kota dan Kabupaten Bekasi, naik 11%.

Di area DKI Jakarta yang cukup lengang selama masa libur panjang, XL Axiata secara khusus telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk area-area tempat keramaian, terutama beberapa lokasi wisata seperti antara lain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Masih jelas Francky, kenaikan trafik data juga terjadi di wilayah Banten, termasuk Serang dan kawasan wisata Anyer, Cilegon, Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bandara International Soekarno Hatta, yang meningkat sekitar 11%.

Trafik data di kawasan Sukabumi juga meningkat, sekitar 13%. Hal ini bisa dipahami karena meningkatnya kunjungan masyarakat ke sejumlah destinasi wisata di kawasan itu, seperti Selabintana, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, hingga Geopark Ciletuh. Selain itu, Sukabumi juga menjadi tujuan pulang kampung warga Jabodetabek.

Menurut Francky, hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

“Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia,” paparnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments