Bencana Banjir di Jabodetabek Tewaskan 30 Orang

Palapanews.com- Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dampak dari banjir yang melanda wilayah Jabodetabek. Dari 30 korban, empat orang belum dapat diidentifikasi.

“Kami memakai data dari BNPB, terdapat 26 korban tewas yang sudah teridentifikasi sedangkan ada empat orang yang masih belum teridentifikasi,” ujarnya saat memantau langsung lokasi banjir di Ciledug Indah 1, Kota Tangerang, Jumat, 3 Januari 2020.

Juliari mengatakan banjir yang melanda di Kabupaten Bogor paling banyak menelan korban jiwa hingga 11 orang, sisanya tersebar di wilayah Jadetabek. Lanjutnya, pihaknya masih mendata jumlah kerusakan rumah atau bangunan yang hancur karena diterjang banjir pada awal tahun 2020.

“Teknisnya pemerintah daerah setempat yang akan mendata korban tewas dan keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Untuk saat ini, ia menambahkan pihaknya masih berfokus pada pendistribusian bahan logistik untuk korban banjir yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain korban jiwa, banyak para lansia dan juga balita yang terdampak akibat musibah banjir ini. Untuk itu pihak Kemensos mengirim bantuan makanan siap saji untuk para pengungsi.

“Kita kirim bantuan seperti makanan, ada makanan dewasa dan anak-anak. Kalau makanan dewasa yang lansia juga ikut makan kecuali yang anak-anak tentunya kan khusus,” ungkapnya.

Juliari menuturkan telah menyiapkan tim untuk membantu para pengungsi terutama anak-anak agar tidak trauma akibat rumahnya terkena banjir.

“Jadi kita sering lupa bahwa korban anak-anak ini kan trauma dan dia enggak tahu apa-apa, kok saya tidak tinggal di rumah saya, untuk itu kita siapkan tenaga-tenaga untuk menanganinya,” jelasnya.

Soal pendistribusian bantuan kepada korban banjir, Juliari menegaskan pihaknya tidak akan menyulitkan soal birokrasi kepada pihak keluarga korban untuk menerima bantuan.

“Saya kira tidak ada birokrasinya ya untuk dapat bantuan, langsung distribusikan ke titik tersebut. Paling traffic kan banyak mobil parkir di jalan,” katanya. (rik)

Komentar Anda

comments