Ini Ancaman Keselamatan Penerbangan Versi Perhimpunan Pilot Indonesia

Palapanews.com- Ketua Umum Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) Capt. Rizky Budimansyah Juzar menyatakan ada beberapa faktor yang menjadi ancaman keselamatan penerbangaan saat ini. Burung, sinar laser, dan layang-layang menjadi salah satu ancaman tersebut.

“Hal tersebut merupakan ancaman yang memang membahayakan penerbangan, meskipun kita selalu mengantisipasi hal tersebut, misalnya dengan pemasangan alat penangkal burung, sosialisasi kepada masyarakat sekitar bandara dan sebagainya,” ujarnya, Jumat (20/12/2019).

Rizky menuturkan terdapat beberapa kasus yang mengancam penerbangan seperti benang layang-layang tersangkut ke badan pesawat dan sinar laser yang mengarah ke cockpit pesawat. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan pesawat.

“Kita sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk menyosialisasikan tentang apa saja yang membahayakan penerbangan dari sisi pengguna jasa, maupun dari sisi masyarakat sekitar bandara. Nantinya ada konten-konten berupa video yang dapat ditonton masyarakat mengenai keselamatan penerbangan,” jelasnya.

Rizky berharap dengan adanya aplikasi tersebut dapat dengan cepat terinformasikan kepada masyarakat luas mengenai keselamatan penerbangan.

“Yang kita inginkan adalah aplikasi ini bisa dibuka oleh pengguna jasa untuk mengingatkan diri apakah ketika mereka mau terbang, sudah mematuhi semua aturan yang ada, juga kepada masyarakat sekitar bandara untuk mengetahui akibat jika memang melakukan pelanggaran yang mengancam keselamatan penerbangan,” katanya. (rik)

Komentar Anda

comments