Komitmen Walikota Tangerang Terhadap Guru, Anugerah Dwija Praja Nugraha Diraih

Palapanews.com- Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sabtu 30 November 2019.

Anugerah Dwija Praja Nugraha adalah penghargaan para guru kepada kepala daerah yang memiliki perhatian dan komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas dan kesejahteraan guru serta PGRI.

Ada kisah mendalam dan jalan cerita panjang hingga orang nomor satu di Kota Tangerang itu mendapat anugerah tertinggi dari para guru.

Perjalanan panjang tersebut terangkum dalam sebuah buku yang disusun oleh PGRI Kota Tangerang.

“Lewat buku dan catatan ini kami bubuhkan perjalanan dan terobosan pak Arief bagi dunia pendidikan dari menjabat sebagai Wakil Walikota hingga menjadi Walikota,” kata Jamaluddin selaku Ketua PGRI Kota Tangerang, Senin, 2 Desember 2019.

Jamaluddin menuturkan, tak kurang dari 2000 halaman isi dari buku yang ia susun bersama pengurus PGRI Kota Tangerang lainnya. Nantinya buku tersebut akan diserahkan kepada Walikota untuk diarsipkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

“Maka lewat buku inilah kami sampaikan kepada PB PGRI sebagai bahan penilaian dan referensi rekam jejak calon penerima Anugerah Dwija Praja Nugraha yang kami usulkan,” tuturnya.

Ia menegaskan, usulan ini baru pertama kali dilakukan oleh PGRI Kota Tangerang. Sebab, berbagai program yang diluncurkan selama masa jabatan Arief R Wismansyah dapat dirasakan oleh seluruh insan pendidikan.

“Dari sisi kesejahteraan, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan sangat perhatian terhadap guru, baik PAUD, TK, SD, SMP, MI hingga MTS lewat insentif. Sisi infrastruktur lewat program 1000 ruang kelas,” ucapnya.

Jamaluddin menambahkan, untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan pun telah dipenuhi.

“Artinya pak Arief memang layak untuk mendapatkan itu (penghargaan-red),” papar Jamaluddin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang menerima langsung penghargaan tersebut menuturkan, penghargaan ini juga merupakan penghargaan untuk guru-guru yang telah berdedikasi dalam mencerdaskan generasi muda di Kota Tangerang.

“Saya tentunya berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Dan terima kasih juga tentunya untuk semua guru yang terus berjuang mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang siap bersaing, siap berkompetisi secara sehat diberbagai bidang keilmuan,” jelas Arief.

Apalagi di momen HUT PGRI, Walikota mengajak guru-guru untuk bisa terus berinovasi dalam era revolusi 4.0.

“Di era saat ini semua guru di tuntut untuk cepat, karena zamannya sudah berubah. Makanya kita sama-sama bangun sinergitas agar mutu pendidikan di Kota Tangerang semakin baik,” harapnya.

Disisi lain, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan terus memberikan fasilitas untuk menunjang siswa dalam proses belajar mengajar dengan membangun laboratorium komputer dari mulai tingkat sekolah dasar dan membangun budaya literasi dengan adanya pojok dan taman-taman baca di setiap sekolah.

“Kita bangun 50 laboratorium komputer di tahun ini, dan tahun depan juga ada, sudah dianggarkan,” imbuh Walikota.

“Selain itu, mudah-mudahan anak-anak gak cuma main gadget, tapi mau membaca dan terus belajar dengan pojok baca sebagai bentuk perpustaakan mini disekolah,” paparnya.(Adv)

Komentar Anda

comments