4 Cara Ampuh Cegah Infeksi Saluran Kemih Balik Lagi

Palapanews.com- Mencegah infeksi saluran kemih atau ISK tentu dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah dibandingkan harus mengobatinya. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah gaya hidup sehat. Beberapa makanan, seperti buah cranberry, juga dapat membantu Anda untuk menghindari dampak lanjut yang lebih buruk dari ISK.

Cara mudah mencegah infeksi saluran kemih

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat meningkatkan risiko ISK. Misalnya, sering menahan buang air kecil dapat memperbesar kemungkinan perkembangan bakteri penyebab ISK.

Selain itu, membersihkan organ intim dengan cara yang salah juga berperan terhadap penyebaran bakteri sehingga berdampak pada ISK.

Bila tidak ingin infeksi saluran kencing terjadi, beberapa cara berikut dapat membantu Anda untuk mencegah infeksi saluran kemih.
1. Minum banyak air

Selain menghindarkan Anda dari dehidrasi, minum 8 gelas air putih setiap hari juga menjadi salah satu cara mudah untuk mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Minum banyak air akan “membilas” saluran kandung kemih dan mengeluarkannya melalui urine. Dengan begitu, peluang bakteri untuk menempel dan berkembang biak pada dinding saluran kemih akan lebih kecil dan Anda terhindar dari ISK.

2. Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil memang menjadi salah satu penyebab Anda mengalami ISK. Itu sebabnya, tidak menunda waktu buang air kecil merupakan cara mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Kebiasaan menunda buang air kecil akan membuat bakteri lebih tertahan lama di urine (kandung kemih). Penumpukan ini memungkinkan bakteri berkembang dan menginfeksi saluran kemih.

Nah, buang air kecil berfungsi untuk membersihkan saluran kemih dari bakteri dan dapat mengurangi risiko infeksi.

Di samping itu, buang air kecil setelah melakukan hubungan seks juga merupakan salah satu tindakan pencegahan ISK. Hal ini berguna untuk membuang bakteri dan mikroba penyebab ISK yang menempel pada saluran kemih.

3. Membilas anus dan area genital

Selama ini, apakah Anda sudah membersihkan anus setelah BAB dengan tepat? Seperti diketahui, penyebab ISK adalah menyebarnya bakteri E. coli dari anus ke uretra.

Itu sebabnya, cara membilas perlu Anda perhatikan dengan benar. Bilaslah anus dengan arah dari depan ke belakang sebagai cara mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini akan mencegah bakteri E. coli pindah dan masuk ke uretra.

Tidak hanya setelah buang air besar, Anda perlu membersihkan area genital usai melakukan hubungan intim. Gunakan air hangat untuk membersihkan vagina. Anda juga bisa memakai sabun, asalkan tidak mengandung wewangian. Cara ini bisa menghindari terjadinya peradangan akibat infeksi pada uretra.

4. Konsumsi suplemen cranberry

Selain dengan cara di atas, ekstrak buah cranberry juga dapat membantu Anda mencegah infeksi saluran kemih dengan lebih optimal.

Dalam sebuah penelitian, cranberry terbukti mampu mencegah ISK. Kandungan senyawa polifenol unik, Proanthocyanidins tipe A, yang terdapat di dalamnya diketahui dapat melawan bakteri E. coli penyebab ISK.

Senyawa tersebut dapat secara efektif menghalangi bakteri menempel pada jaringan saluran kemih. Antioksidan dalam cranberry juga dapat mencegah peradangan akibat infeksi.

5. Pakai celana dalam yang menyerap keringat

Cara memilih celana dalam juga memegang peran penting dalam mencegah infeksi saluran kemih. Pilihlah celana dalam berbahan katun untuk memberikan ruang sirkulasi udara pada area organ intim.

Pemakaian celana dalam yang berbahan kain sintetis cenderung membuat area organ intim lembap sehingga memudahkan bakteri berkembang yang berpotensi menginfeksi saluran kemih. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments