Melihat Pembuatan Dodol Betawi Asli di MTQ XX Tingkat Kota Tangerang

Palapanews.com- Siapa yang tidak kenal Dodol Betawi Asli? Nah, makanan manis yang dikemas dengan plastik atau daun pada umumnya ini bisa dijumpai di lokasi perhelatan MTQ XX tingkat Kota Tangerang.

Terlebih Anda bisa melihat pembuatan makanan tradisional yang satu ini secara langsung di deretan stand-stand bazar OPD, busana muslim dan kuliner pada perhelatan ini.

Satibi, pemilik usaha makanan tradisional asal suku Betawi ini mengatakan, dirinya sengaja membuat langsung dodol disetiap event manapun untuk mengedukasi para generasi pemuda.

“Sengaja saya buat langung, karena untuk mengedukasi generasi muda. Bahwa proses pembuatan dodol seperti ini,” terang Satibi.

Selain itu, pembuatan dodol langsung ini juga untuk melestarikan adanya budaya kuliner khas Betawi. Satibi tidak hanya membuat dodol saja, namun ada geplak, wajik, tape uli, bir pletok dan makanan tradisional yang lainnya.

“Saya menjualnya dengan harga yang bervariasi, contoh yang ukuran 100gram seharga Rp30 ribu, 500gram Rp50 ribu dan 1kg Rp100 ribu. Kalau peminat biasanya nyari yang rasa original dodol itu sendiri,” tutur orang asli Kota Depok ini.

Satibi menambahkan, dodol buatanya ini juga ada rasa durian, wijen dan ketan item. Bagi pembeli juga bisa langsung datang atau memesan dengan menghubungi 0813 1701 4495.

“Dan, kita juga bisa mengajarkan langsung cara pembuatan dodol ini. Ya saya si berharap, dodol ini kan makanan tradisional, ya bisa lebih bangkit lagilah jangan sampai tergerus sama yang lain,” imbuh Satibi, Jumat, 18 Oktober 2019.

Seperti diketahui, dodol betawi memang meliki keunikan dalam proses memasaknya. Pembuatannya sendiri masih tradisional dengan menggunakan tungku dan penggorengan raksasa.

Proses pembuatan dodol memerlukan waktu selama delapan jam. Dalam jangka waktu itu, dodol harus terus-terusan diaduk agar cita rasanya sendiri tidak hilang dan rusak. (ydh)

Komentar Anda

comments