Wujudkan Transparansi, Saber Pungli Masuk Sektor Pendidikan

Palapanews.com Untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) pada sektor pendidikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2019.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Inspektorat Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan, perlu adanya pemahaman dan persamaan persepsi antara komite, pengawas dan kepala sekolah terkait pungutan liar karena dapat berdampak pada kualitas pendidikan di Kota Tangerang.

“Tentu kita harus membangun sistem pendidikan yang lebih transparan, akuntabel, yang bebas dari pungutan liar,” ucap Walikota.

Dikatakan Walikota, pihaknya akan terus melakukan peningkatan SDM mulai tingkat sekolah dasar.

“Peningkatan kualitas SDM sudah kita lakukan dari tingkat sekolah dasar dengan memberikan fasilitas laboratorium komputer, mungkin kedepan ditambah dengan laboratorium bahasa. Karena sekarang di era revolusi industri 4.0 ini tentu kita harus mempersiapkan anak-anak kita sejak dini,” ungkapnya seraya menambahkan, jika ada kebutuhan sarana-prasarana yang dibutuhkan, pihak sekolah dapat mengusulkan ke pemerintah kota.

“Kami akan memfasilitasi, tetapi jika sudah diberikan, harus dijaga dan dirawat serta jangan sampai memaksakan membeli pengadaan barang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu,” imbuhnya.

Karena menurutnya, pendidikan adalah hak dasar masyarakat. Tentu semuanya harus diikuti dengan kualitas pendidikan yang mampu mensupport kebutuhan pembangunan.

“Kita ingin kota kita maju dan sejahtera. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini lebih memahami apa yang sebenarnya harus kita jaga dalam rangka mewujudkan sebuah sistem pendidikan dan pemerintahan yang akuntabel di masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan tersebut diikuti 187 peserta terdiri dari, Pengawas Sekolah Dasar Negeri sebanyak 57 orang, Koordinator Pendidikan Kecamatan 65 orang, dan Ketua Komite Sekolah Dasar Negeri 65 orang. Dan, Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kali ini menghadirkan narasumber diantaranya Wakapolres Metro Tangerang Kota, AKBP Robert Yohanes Dedeo Eka Trismana, Wakasatreskrim Polres Metro Tangerang Kota, AKP Erizal dan Jaksa Muda Bidang Pidana Umum, Eko Purwanto dari Kejaksaan Negeri Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments