LPOM Tangerang Sita Penjualan Pangan Ilegal Online

oleh -

Palapanews.com- Bahan pangan ilegal yang diproduksi di Kawasan Ruko Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, disita Loka Pengawas Obat dan Makanan (LPOM) Kabupaten Tangerang. Rumah produksi olahan pangan tersebut diduga tidak memiliki izin edar produk pangan.

“Pangan ilegal yang diproduksi dijual secara langsung di toko dan melalui penjualan online. Mereka menjual online sudah dilakukan dari 2017 dan mulai penjualan langsung (di toko) mulai pertengahan tahun 2018,” ujar Kepala LPOM Kabupaten Tangerang Widya Savitri, Rabu (9/10/2019).

Widya menjelaskan penjualan online per hari mencapai 100 hingga 200 pesanan. Di tempat itu, lanjutnya, juga terdapat aktivitas pengemasan ulang produk pangan olahan milik perusahaan lain sebanyak 14 item dengan nominal Rp7 juta.

“Ada 26 item olahan pangan yang tidak memeliki izin edar, produk olahan pangan yang disita bermerk SAN FOOD, totalnya senilai Rp11 juta,” katanya.

Widya menambahkan pada pemeriksaan itu juga ditemukan pangan dengan Nomor Izin Edar (NIE) yang sudah tidak berlaku sebanyak empat item. Pemilik toko tidak dapat mengklarifikasi NIE yang sudah tidak berlaku itu.

“Kami juga menemukan stiker atau label yang tidak memenuhi ketentuan sebanyak 171 lembar dengan ukuran 60×40 cm,” jelasnya.

Saat ini, produk ilegal itu diamankan oleh petugas LPOM Kabupaten Tangerang beserta bukti pengadaan dan pembelian serta bukti penyaluran. (ydh)

Komentar Anda

comments