100 Tim Bersaing di Ajang International Robotic Competition 2019

Palapanews.com- Salah satu institusi pendidikan teknologi digital yang berbasis di BSD City, Purwadhika Startup & Coding School bekerja sama dengan Makeblock Indonesia, menghadirkan MakeX Indonesia sebagai International Robotics Competition 2019 di ICE BSD selama dua hari, mulai dari 6 hingga 7 Oktober 2019.

“Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkan antusias kaum muda Indonesia dalam bidang kreativitas dan pengembangan teknologi robot di Indonesia,” ujar Project Leader Digital Hub dari Sinar Mas Land, Irawan Harahap, Minggu (6/10/2019).

Terlebih menurutnya, BSD City tengah mentransformasikan the first integrated smart digital city, yakni mendukung perkembangan teknologi dan inovasi digital untuk kemajuan di masa depan.

“Dukungan inipun kami berikan kepada peminat teknologi robotik yang rentang usianya masih terbilang muda. Kami harap mereka dapat berkontribusi untuk memajukan bidang teknologi digital di masa depan,” paparnya.

Sementara President Director Purwadhika Startup & Coding School, Purwa Hartono membeberkan, pihaknya menyiapkan generasi muda untuk bisa bersaing membuat software dan robot. Sehingga mendapat animo yang baik dari masyarakat, kemudian pihaknya membuat kompetisi berskala nasional sekaligus menyiapkan delegasi Indonesia untuk kompetisi di tingkat internasional.

“Ajang ini diikuti oleh berbagai sekolah di Indonesia dan Terdapat lebih dari 100 tim yang berkompetisi untuk menjadi perwakilan Indonesia di MakeX International Competition yang akan diadakan di China pada Desember 2019. Perwakilan Indonesia akan bersaing dengan lebih dari 30 negara lainnya dalam acara bertaraf internasional tersebut,” jelasnya.

Ada 2 kategori perlombaan, dalam ajang ini, yaitu MakeX Starter (usia 6-12 tahun) dan MakeX Challenge (usia 12-16 tahun). Dalam MakeX Starter peserta diminta untuk membangun, mendesain dan memprogram produk Makeblock dan bersaing untuk menyelesaikan misi dan rintangan yang diberikan.

Sedangkan, pada MakeX Challenge peserta diminta untuk membangun dan merakit kit Makeblock menjadi robot. Robot yang dirakit, diharapkan akan cocok dan mampu memecahkan masalah serta hambatan yang diberikan. (nad)

Komentar Anda

comments