5 Manfaat Rutin Konsumsi Ikan Salmon

Palapanews.com- Ikan salmon sering diolah sebagai sushi atau bahkan untuk campuran topping salad sayur. Namun, tahukah Anda bahwa ikan berlemak ini juga punya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit? Yuk, simak apa saja manfaat makan ikan salmon untuk kulit.

Rutin dikonsumsi sebagai menu lauk makan, ikan salmon dapat bermanfaat untuk:

1. Mengatasi peradangan kulit

Daging ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kulit Anda.

Mengutip Huffington, Rachel Nazarian, dokter kulit dari New York, bertutur manfaat omega 3 dari salmon dapat membantu menenangkan kulit yang meradang. Dr. Flor Mayoral dari Miami juga menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 bersifat antiradang.

Dalam jangka panjang, manfaat makan ikan salmon dapat membantu menurunkan risiko kekambuhan gejala psoriasis, dan bahkan untuk menurunkan risiko terjadinya kanker kulit jenis non-melanoma dan melanoma.

2. Melembapkan kulit

Masih dikutip dari Huffington, Melda Isaac, dokter kulit di Washington DC, menyatakan bahwa lemak asam omega 3 bekerja baik untuk melembapkan kulit.

Pada dasarnya, kulit memiliki lapisan minyak alami yang bertugas melindunginya dari bahaya kerusakan faktor luar. Lapisan minyak ini juga membantu kulit mempertahankan kelembapannya dan tetap terhidrasi.

Selain itu, manfaat asam lemak omega 3 dari salmon juga dipercaya dapat membuat kulit tampak kenyal dan bersinar. Dengan mengonsumsi lemak baik dari ikan salmon, sama artinya Anda memberikan kulit Anda makanan yang menyehatkan.

3. Mencegah efek radiasi sinar UV matahari

Dr. Isaac juga menambahkan bahwa manfaat lain dari ikan salmon untuk kulit manusia adalah melindunginya dari efek radiasi sinar UV matahari karena mengandung vitamin D.

Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit dan membantu melindungi terhadap radikal bebas yang berbahaya.

4. Bikin awet muda

Salah satu efek peradangan pada kulit adalah kerusakan kolagen dan elastin, yang membuat kulit cepat berkeriput.

Menurut sebuah penelitian dari Jepang terbitan jurnal Acta Biochimica Polonica tahun 2012, kandungan astaxanthin dalam ikan salmon mampu secara alami menjaga kulit tetap awet muda dari dalam. Astaxanthin adalah jenis antioksidan dan antiradang alami yang baik untuk kulit.

Penelitian ini juga menemukan bahwa astaxanthin dapat membantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen adalah protein khusus yang membuat kulit tampak kenyak dan lembap. Semakin banyak produksi kolagen dalam kulit, keriput dan garis halus, bintik-bintik flek hitam, dan tekstur kulit yang tidak rata akan memudar.

5. Mencegah dan mengatasi jerawat

Menurut sebuah penelitian tahun 2014, ada manfaat makan ikan salmon yang baik untuk mencegah dan mengatasi jerawat di kulit wajah. Vitamin D dalam daging salmon memiliki sifat antimikroba yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, vitamin D juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk meredakan gejala jerawat yang terlanjur meradang. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments