Dana Kelurahan di Tangsel Dialokasikan untuk Bangun Posyandu

Palapanews.com- Penggunaan prorgam Dana Kelurahan Tahun Anggaran 2019 sudah mulai berjalan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satunya di kelurahan Pakulonan, Serpong Utara yang membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pakulonan, Haryadi mengatakan tahun ini ada dua pekerjaan fisik yaitu Pembangunan Posyandu dan Pemeliharaan Posyandu dengan anggaran Rp97 juta.

“Untuk pemeliharaan posyandu terdapat di Kampung Baru Utara RT 03/01 yang bernama Posyandu Beo. Dengan luas 9×4 meter bangunan tersebut kami renovasi total mulai dari atap, jendela, dak hingga pembuatan toilet,” ungkap Haryadi.

Sebelumnya, bangunan yang ada di Posyandu Beo sudah tidak layak untuk digunakan, bahkan sempat terjadi kebocoran. Oleh sebab itu, ini menjadi prioritas Kelurahan Pakulonan untuk melakukan pemeliharaan.

Sementara, untuk di Kampung Baru Selatan RT 05/02 dilakukan Pembangunan Posyandu Cendrawasih. Ini merupakan permintaan warga setempat, dikarenakan diwilayah tersebut belum ada posyandu, maka Kelurahan juga memprioritaskan bangunan posyandu di wilayah ini.

“Luas bangunan 4×5 meter yang berdiri di tanah aset Kelurahan Pakulonan. Sebelum ada pembangunan posyandu, wilayah tersebut menginduk pada wilayah lain dengan jarak tempuh cukup jauh,” kata Haryadi.

Dengan adanya pembangunan posyandu, maka warga tersebut akan semakin dekat untuk memeriksakan kesehatan bayi dan balitanya.

“Harapannya setelah di bangun posyandu ini, minimal masyarakat dapat terbantu ketika mau menimbang, vaksinasi dan lainnya. Sehingga tidak jauh nyebrang ke kampung lain. Ibu-ibu disini merasa terbantu,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain pekerjaan fisik sarana dan prasarana, Dana Kelurahan Pakulonan juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan tata boga dan pelatihan sablon. (hms)

Komentar Anda

comments