PTBBN BATAN Tingkatkan Kerja Sama dengan Stakeholders Lewat Temu Pelanggan

Palapanews.com- Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) sebagai satuan kerja dibawah Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar temu pelanggan di Gedung Technology Business Incubation Center (TBIC), Puspitek, Gunung Sindur, Bogor, Rabu (11/9/2019).

“Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama dengan para pengguna fasilitas nuklir. Fasilitas nuklir yang dimiliki PTBBN pun merupakan fasilitas khusus dan keberadannya cukup langka di Indonesia,” ujar Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro.

Lanjutnya, PTBBN ini dilengkapi dengan fasilitas yang unggul dan excelent di tingkat Asia Tenggara. Selain untuk penelitian BATAN digunakan juga untuk melayani kebutuhan masyarakat sebagai perwujudan dari semangat reformasi birokrasi, yakni menjadikan birokrasi yang bersih bebas KKN, birokrasi yang akuntabel, dan melakukan pelayanan kepada masyarakat secara berimbang.

Sementara Kepala PTBBN, Agus Sumaryanto mengatakan, keberadaan fasilitas dan peralatan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kerjasama litbang dengan perguruan tinggi.

“Oleh sebab itu, kegiatan temu pelanggan diharapkan dapat menjadi wadah informasi bagi industri sebagai hilir dari suatu kegiatan litbang melalui dukungan penuh dari lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam optimalisasi pengembangan sebuah produk,” tambahnya.

Melalui kegiatan temu pelanggan ini, dirinya menjelaskan, akan didapatkan informasi kebutuhan industri yang akan menjadi masukan bagi lembaga litbang dan perguruan tinggi untuk menetapkan prioritas arah litbang dalam rangka pemenuhan kebutuhan industri dalam melayani kebutuhan masyarakat secara luas.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan, juga dilaunching sebuah aplikasi e-lubika dan membuka kios pelayanan di luar pagar kuning untuk memberikan kenyamanan sehingga pelanggan akan lebih banyak yang menggunakan fasilitas PTBBN dalam memenuhi kebutuhannya.

Kegiatan ini, papar Agus, juga difungsikan sebagai diseminasi pemanfaatan fasilitas pengujian di PTBBN untuk memenuhi kebutuhan industri dan perguruan tinggi. Meningkatkan efektivitas, efisiensi dan fokus litbang baik yang dilakukan oleh lembaga litbang maupun universitas.

“Utamanya adalah untuk meningkatkan sinergi kegiatan litbang, baik yang dilakukan oleh lembaga litbang maupun perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat yang bermuara pada hilirisasi produk yang difasilitasi oleh industri,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments