Perda Kawasan Tanpa Rokok Tak Efektif, Pemkot Tangsel Bentuk Satgas

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perda Rokok. Ini dilakukan untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan Perda yang telah ada sejak 2016 silam tersebut hingga saat ini belum efektif. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang adanya regulasi larangan merokok di tempat umum.

“Kemarin saja, saya tegur staf saya. Di sekolah, merokok sembarangan. Padahal perdanya sudah ada, saya bilang supaya tidak merokok di depan anak-anak,” ujar Benyamin di hadapan Satgas Perda Rokok di Telaga Seafood, Selasa (3/9/2019).

Karena itu, Benyamin mendukung adanya pembentukan satgas yang nantinya akan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai adanya peraturan pelarangan merokok.

“Masyarakat perlu edukasi. Inilah fungsi satgas yang nantinya menyampaikan informasi ini kepada masyarakat,” ujar Benyamin.

Melalui Dinas Kesehatan, Benyamin juga meminta untuk mampu mengkoordinasi seluruh OPD yang ada di Tangsel agar membentuk tim satgas. Tidak masalah jika anggota merupakan perokok, yang terpenting mereka bisa menjaga komitmen untuk menetralisasi asap rokok di tempat-tempat yang dimaksudkan dalam perda 4 tahun 2016 tersebut.

Peraturan ini membahas kawasan yang dilarang, seperti kantor Pemkot Tangsel, sekolah, rumah sakit, sarana umum seperti taman dan lainnya. “Larangan di tempat-tempat itulah yang harus diawasi, satgas ini bisa menegur orang-orang yang merokok dikawasan tersebut,” tandasnya.

Sementara kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Tangsel Iin Sofiawaty menjelaskan jika sosialisasi ini akan terus dilakukan sampai dengan seluruh masyarakat mengetahui adanya peraturan ini. Selain itu pembentukkan satgas di setiap instansi pun dilakukan.

Kemarin, Iin mengajak lapisan masyarakat yang terdiri dari berbagai latar belakang untuk menerima informasi apa saja kelengkapan dan ketentuan perda no 4 tahun 2016 mengenai pelarangan merokok.

“Dengan begitu mereka bisa menyebarkan informasi ini kepada lingkungannya,” ujar Iin. (hms)

Komentar Anda

comments