Tokoh Agama di Tangsel Kumpul Bahas Smart City

Palapanews.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai elemen bisa berpartisipasi dalam mewujudkan Smart City. Salah satunya di bidang kerukunan agama. Terutama untuk menjaga kepentingan sesamanya.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan smart city bukan lagi kewajiban, melainkan kebutuhan. Termasuk dalam proses perpendekan siklus pelayanan. Bersama dengan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Benyamin memastikan seluruh aspek yang memiliki kepentingan sudah dilakukan pendekatan untuk mewujudkan kota cerdas atau smart city.

“Apalagi, tugas kami adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dan publik,” ujar Benyamin dalam Dialog Tokoh Lintas Agama dengan Pokok Bahasan Smart City Ditinjau dari Kerukunan Beragama di Serpong, Rabu (28/8/2019).

Tujuan penerapan smart city adalah, memastikan komunikasi secara berkala dengan masyarakat. Melalui smart city, kita berusaha memberikan pelayanan yang maksimal. Terutama untuk memperbaiki paradigma pemerintahan yang lama.

Namun, Benyamin menilai yang terpenting dari smart city adalah bagaimana teknologi berkembang, komunikasi berjalan sampai dengan kualitas pelayanan bisa semakin maju, sementara beriringan dengan penetapan pancasila sebagai dasar dari pemerintahan.

“Gotong royong, musyawarah, silaturahmi itu nilai bermasyarakat kita. Sehingga perbedaan itu bukan lagi halangan,” ujar Benyamin.

Karena itu, ia berharap dengan forum diskusi antar agama ini terbangun sebuah hubungan baik. Di mana bisa saling bahu membahu untuk mewujudkan kota yang lebih baik lagi di masa depan. Cerdas dengan teknologi, namun tetap menghargai perbedaan yang ada.

Sementara Asisten Daerah Satu, Rahmat Salam menjelaskan proses pencegahan atas gesekan yang terjadi di kalangan umat beragama terus dilakukan. Dengan cara forum seperti itu, menghadirkan tokoh-tokoh agama. Memastikan jika ada hubungan yang terbangun dari mereka.

“Semua warga memiliki kewajiban yang sama. Menjaga kerukunan. Darimanapun asalnya, menjaga kedamaian adalah tugas utama,” kata dia.

Sementara forum tersebut menghadirkan beberapa tokoh agama. Dengan materi yang disampaikan berupa proses pencegahan konflik di kalangan masyarakat. Terutama menjelang pilkada serentak tahun depan. (hms)

Komentar Anda

comments