Pemkot Depok Gratiskan Biaya Urus IMB Rumah Ibadah

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggratiskan biaya pengurusan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) khusus untuk rumah ibadah. Maka itu, seluruh rumah ibadah yang sudah berdiri di kota belimbing itu didorong untuk memiliki IMB.

“Kepemilikan IMB tidak saja untuk pembangunan tempat tinggal atau tempat komersial saja. Namun tempat ibadah juga membutuhkan IMB untuk melengkapi legalitas tanah dan bangunan yang berdiri di atasnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono usai menyerahkan IMB Masjid Syuhada, Beji, Sabtu (24/8/2019) lalu.

Pemkot Depok, diakuinya sudah menggratiskan biaya pengurusan rumah ibadah. Salah satunya di Masjid Syuhada yang terletak di Komplek Beji Permai, Beji. Untuk itu, dirinya memberikan secara simbolis IMB Masjid Syuhada agar memiliki legalitas terhadap bangunan yang sudah berdiri tersebut.

“Semoga dengan adanya IMB, Masjid Syuhada tetap istiqomah melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. Kemudian, jumlah jamaah masjid juga semakin bertambah,” kata Hardiono.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Syuhada, Beji, Didik menyambut baik upaya Pemkot Depok untuk menerbitkan IMB Masjid Syuhada. Ia menuturkan, dengan sudah selesainya legalitas masjid, pihaknya bertekad untuk semakin memajukan pelayanan keagamaan untuk masyarakat sekitar masjid.

“Kami berterima kasih kepada Pemkot Depok yang telah memberi kemudahan hingga terbit IMB. Tentu ini memacu semangat kami dalam melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan demi memakmurkan Masjid Syuhada,” jelasnya.

Didik menambahkan, Masjid Syuhada selain sebagai tempat pelaksanaan salat juga menjadi tempat pengajian bagi masyarakat. Bahkan, di Masjid Syuhada juga terdapat Taman Pendidikan Alquran (TPA) bagi anak-anak untuk belajar mengaji.

“Alhamdulillah Masjid Syuhada sudah menjadi tempat untuk menimba ilmu keagamaan bagi masyarakat sekitar serta anak-anak. Apalagi dengan adanya IMB l, maka masyarakat tidak akan ragu lagi untk mengadakan kegiatan yang lebih besar lagi,” tandasnya. (kom)

Komentar Anda

comments