Waspadai Virus Mers, KKP Bandara Soetta Pasang Alat Thermal Scanner

Palapanews.com- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, memasang dua buah alat pemindaian suhu tubuh manusia atau Thermal Scanner di Terminal 2 D.

Alat tersebut disiapkan untuk kedatangan jamaah haji yang tiba di tanah air untuk mewaspadai virus Mers.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek mengatakan, pemasangan alat tersebut dilakukan untuk mewaspadai adanya jamaah haji yang suhu tubuhnya diatas normal. Sehingga, langsung dapat diobservasi dan dilakukan tindakan medis.

“Langsung discanner, bila ada demam kita akan isolasi, kita observasi dan tidak kita pulangkan dulu, kita lihat dulu, dinilai dulu baru bisa dipulangkan,” ujar Nila saat menyambut jamaah haji embarkasi Jakarta di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Senin, 19 Agustus 2019.

Bilamana ada ditemukan jemaah haji yang terinfeksi virus Mers, Nila menuturkan, maka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta.

“Ada rujukan juga, kalau infeksi di RSPI Sulianti Saroso yang khusus penyakit infeksi. Kalau memang ditemukan dengan alat scanner itu,” katanya.

Nila menjelaskan, virus Mers tersebut harus diwaspadai karena penyakit itu dapat dengan leluasa menyebar ke manusia. Virus tersebut berasal dari Timur Tengah.

“Kami untuk mencegahnya dengan memberikan kartu kewaspadaan kesehatan jamaah haji atau K3JH. Kami tetap mengawasi jemaah. Kalau ada (Jemaah) yang demam, nyeri atau muntah-muntah, kita minta segera ke puskemas atau RS dengan maksud untuk kita observasi, kalau ada sesuatu kita langsung jaga agar tidak menyebar,” jelasnya.

Namun demikian, Nila menambahkan, sejauh ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui KKP Kelas I Bandara Soetta belum menemukan jamaah yang sakit maupun yang terinfeksi.

“Enggak ada (sakit atau terinfeksi), karena sejauh ini kita juga beri vaksin meningitis dan itu juga yang kita khawatirkan. Itu mutlak hal tersebut harus divaksin,” tuturnya.

Selain itu, Nila pun menyambut 393 jemaah haji yang baru tiba di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Jemaah haji embarkasi Pondok Gede tersebut tiba di tanah air dari Jeddah menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-7431.(rik)

Komentar Anda

comments