Ralali.com dan BAZNAS Berdayakan Peternak Desa Lewat Kurban Digital

Palapanews.com – Badan Zakat Amil Nasional (BAZNAS) tahun ini, menargetkan penyaluran daging kurban ke berbagal wilayah pelosok yang jarang terjamah. Hal ini sebagai kontribusi dalam rangka membantu penduduk kurang mampu sekaligus menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Untuk menjangkau seluruh masyarakat di berbagai daerah, BAZNAS yang merupakan badan resmi penyalur zakat dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah sejak 2001 menggandeng platform market place Business to business (B2B) Ralali.com berkolaborasi dalam program “Kurban Berdayakan Desa Melalui Ralali.com untuk Pengembangan UMKM“.

Kolaborasi ini bertujuan memberi kemudahan kepada pelaku usaha dalam melakukan ibadah kurban secara digital dimana pasca pelaksanaan kurban selesai dilakukan para Mudhahhy (orang yang berkurban) akan langsung menerima laporan dan BAZNAS. Di lain sisi program ini turut membantu para UMKM sesuai dengan misi Ralali.com. yang dalam hal ini hewan kurban dipastikan berasal dan peternak yang berlokasi di pedesaan.

Ketua Panitia Kurban Nasional BAZNAS 2019, Mohammad Indra Hadi mengatakan, ”BAZNAS terus berinovasi dalam melayani masyarakat, termasuk dalam menjalankan ibadah kurban. Kerjasama dengan Ralali.com ini akan memudahkan masyarakat untuk menunaikan kurban sekaligus memberdayakan masyarakat desa.

“Kami berterima kasih kepada Ralali.com yang telah membantu masyarakat Indonesia untuk tetap dapat berkurban di tengah kesibukan aktivitasnya. BAZNAS berharap kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga memiliki manfaat yang semakin luas,” ucap Hadi.

Hewan kurban yang dijual BAZNAS melalui platform Ralali.com diambil langsung dari peternak hewan kurban yang berlokasi di desa-desa kecil di Indonesia. Pengambilan hewan kurban di desa bukan di kota adalah wujud kepedulian lain demi membantu tingkat pertumbuhan ekonoml yang merata ke berbagai daerah.

Harga kurban yang dijual pun dipastikan sesuai dengan standar yang berlaku yaitu mulai dari Rp 2.5 juta hingga Rp 17 juta berdasarkan kategori jenis hewan kurban.

“Selama 18 tahun BAZNAS telah dipercaya untuk mengelola juga berpikiran jauh ke depan dengan menggandeng Ralali.com untuk penyedia kurban secara digital,” jelas Chief Operating Officer Ralali.com. Alexander Lukman.

Program ini, menurutnya, sejalan dengan visi perusahaan untuk mendorong ekonomi dan edukasi digital sampai pedesaan. dengan pengambilan hewan kurban yang langsung dan UMKM peternak di pedesaan.

Agar penyaluran daging kurban bisa tersampaikan secara merata dan tepat sasaran, pihak BAZNAS juga akan melakukan koordinasi dengan anggota-anggotanya dari berbagai daerah, untuk kemudian dikelola dengan bank sesuai dengan permintaan para UMKM yang berkurban.

Selama penyediaan Kurban Digital, kerjasama antara Ralali.com dan Baznas juga meliputi penyedian Iayanan infak yang bisa diakses oleh para pelaku UMKM atau sahabat Ralali.com secara daring.

Vice President of Partnership & Monetizing Ralali.com. Alvin Aulia Akbar menjelaskan, “Ralali.com berharap Kurban Digital ini mampu membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan Ibadah kurban dengan mudah, aman, dan nyaman.” (rls/bd)

 

Komentar Anda

comments