Pemkot Depok Bakal Akreditasi 400 PAUD dan Dikmas

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) bakal melakukan akreditas terhadap 400 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas). Akreditasi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Dikmas pada Disdik Depok, Tatik Wijayati mengatakan akreditasi akan dilakukan oleh dua lembaga. Yaitu, Pusat Pengembangan (PP) PAUD-Dikmas Provinsi Jawa Barat sebanyak 150 lembaga dan sisanya dari Badan Akreditasi Nasional PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF).

“Hal itu sesuai dengan target Disdik, setiap lembaga pendidikan di Depok, baik formal maupun nonformal, harus sudah diakreditasi atau penjaminan mutu. Karena itu, kami sangat konsen dalam hal ini,” kata Tatik, Senin (29/7/2019).

Dikatakannya, dalam memperoleh kuota tersebut, pemerintah harus memperjuangkan dalam memperoleh kuota tersebut. Tatik menjelaskan, pada tahun 2017, Depok hanya mendapatkan kuota sebanya 15 lembaga. Lalu untuk tahun berikutnya bertambah menjadi 25 lembaga.

“Jumlah kuota yang kami dapatkan itu selalu lebih banyak dari daerah lainnya. Alhamdulillah, perjuangan dan keseriusan kami dalam proses akreditasi diapresiasi pemerintah provinsi dan nasional,” terangnya.

Dirinya menambahkan, pengajuan akreditasi lembaga PAUD dan Dikmas ini sebagai keseriusan Pemkot dalam meningkatkan pendidikan. Selain itu, untuk memastikan agar lembaga pendidikan yang didirikan memiliki dasar legalitas formal.

“Ke depannya, kalau nanti ada bantuan atau pelatihan, bisa tepat sasaran. Karena dasarnya dari akreditasi tersebut,” pungkasnya. (kom)

Komentar Anda

comments