Peran Penting Kedelai Dalam Menjauhkan Anda dari Kanker

Palapanews.com- Kedelai merupakan bahan pokok pembuat berbagai jenis makanan di Indonesia. Mulai dari tempe, tahu, kecap, tauco, susu kedelai, hingga dikemas dalam bentuk snack bar sebagai camilan. Selain dikenal sebagai makanan yang cocok untuk diet, makan kedelai juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit kanker. Bagaimana bisa kedelai menurunkan risiko kanker? Yuk, simak penjelasan beberapa studi mengenai potensi kedelai berikut ini.

Bagaimana kedelai bisa mencegah kanker?
Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Penyakit ini dimulai dari adanya pertumbuhan sel tidak normal yang menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Meskipun sudah banyak pengobatan kanker yang dikembangkan, tindakan pencegahan sangat penting dilakukan.

Tindakan pencegahan dilakukan tentunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat bergizi, seperti kacang kedelai.

Hubungan antara kedelai dalam mencegah penyakit kanker telah diteliti selama lebih dari 25 tahun. Telah banyak studi yang mengamati kandungan kedelai dalam menghambat perkembangan sel kanker seperti berikut ini.

1. Potensi kedelai dalam mencegah kanker payudara
Salah satu faktor risiko berkembangnya kanker payudara adalah kadar estrogen yang tinggi. Itu artinya, untuk mencegah kanker payudara, kadar hormon estrogen harus terkendali.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dapat mencegah berkembangnya kanker payudara. Kedelai diketahui mengandung sejumlah zat antikanker, yaitu isoflavon genistenin.

Zat tersebut memang serupa dengan estrogen, tapi bersifat antiestrogen sehingga tidak menaikkan kadar estrogen. Selain itu, genistein juga dapat membantu menekan pertumbuhan berbagai sel kanker.

Kemudian, penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 30 persen. Namun, agar mendapatkan manfaat tersebut, kedelai harus dikonsumsi dalam jangka panjang, mulai dari anak-anak hingga usia remaja.

Selain itu, asupan kedelai pada pasien kanker payudara juga dapat menurunkan risiko kembalinya kanker sekaligus meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

2. Potensi kedelai untuk mencegah kanker prostat
Tidak hanya kanker payudara, kedelai juga memberikan perlindungan dari kanker prostat. Sebuah riset terbaru tahun 2018 menunjukkan bahwa kandungan isoflavon, seperti genistein dan daidzein pada kedelai, mampu menghambat perkembangan dan pertumbuhan kanker prostat pada pria.

Jaringan prostat diketahui memiliki konsentrasi estrogen yang tinggi. Saat kedelai dikonsumsi, genistein secara khusus mengikat dan menekan produksi estrogen. Kemampuan genistein pada kedelai inilah yang menjadi kunci untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada jaringan prostat.

Riset juga menunjukkan bahwa jenis olahan kedelai memiliki risiko yang berbeda-beda dalam menurunkan risiko kanker. Kedelai yang difermentasi terbukti memiliki potensi lebih besar untuk membantu Anda menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Potensi kedelai untuk mencegah kanker kolorektal
Kanker kolorektal akan meningkat risikonya pada seseorang yang sering makan makanan tinggi lemak dan kalori. Lemak pada makanan dapat meningkatkan sekresi asam empedu yang bisa merusak lapisan usus. Kerusakan pada usus inilah yang bisa memicu perkembangan sel tidak normal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang makan kedelai secara rutin menunjukkan penurunan risiko kanker kolorektal sebesar 23 persen. Meski tidak diketahui secara pasti, periset yakin ini ada kaitannya dengan kandungan isoflavon pada kedelai yang telah sebelumnya diketahui dapat mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

Bagaimana meningkatkan asupan kedelai?
Sekarang Anda sudah tahu bagaimana kedelai melindungi Anda dari penyakit kanker, bukan? Nah, untuk itu Anda perlu meningkatkan asupan kedelai setiap hari. Anda dapat menikmati makanan olahan dari kedelai untuk sarapan, makan siang, makan malam, bahkan saat ngemil.

Jika tidak sempat menyiapkan makanan dari kedelai karena agak repot, Anda bisa memilih snack bar praktis berbahan dasar kedelai yang sehat untuk menemani kesibukan Anda. (*)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments