Sidak PPDB di Kota Tangerang, Gubernur Minta Loket Pendaftaran Ditambah

Palapanews.com- Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 ke sejumlah SMA/SMK negeri di Kota Tangerang pada Selasa, 18 Juni 2019.

Dari hasil pantauannya, secara umum pelaksanaan PPDB 2019 di Banten khususnya wilayah Kota Tangerang berjalan lancar dan tidak begitu banyak antrian. Akan tetapi, ada satu sekolah yang ditinjaunya mengalami antrean cukup banyak, sehingga Gubernur mengintruksikan untuk dilakukan penambahan loket layanan pendaftaran.

“Jangan sampai ada antrean berlebihan, loket layanan pendaftaran harus ditambah dan harus dilayani dengan baik,”tegas Gubernur.

Berdasarkan pantauan setidaknya di 4 sekolah yang dikunjungi Gubernur, hanya di SMAN 10 Kota Tangerang yang mengalami antrean cukup panjang. Sementara sekolah lainnya seperti SMA 2 Kota Tangerang, SMKN 2 Kota Tangerang, SMAN 9 Kota Tangerang tidak mengalami antrean pendaftar yang signifikan.

Gubernur menjelaskan, kebijakan sistem PPDB semacam ini yakni sistem zonasi diterapkan Pemprov Banten karena merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Yakni dengan mendekatkan warga sekitar dengan sekolahnya.

“Jadi hanya masyarakat sekitar sekolah yang mendaftar, sistem zonasi ini memang diterapkan oleh Kemendikbud jadi Pemprov Banten mengikuti,”ujarnya.

Terkait dengan adanya antrean, Gubernur memahaminya karena masih banyak orangtua yang beranggapan bahwa dengan cepat mendaftar maka peluang diterima akan lebih besar. Padahal, lanjut Gubernur, masa pendaftaran peserta didik baru masih berlangsung cukup panjang yakni mulai 17 Juni hingga 22 Juni 2019 mendatang.

Oleh karenanya, Gubernur mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan waktu yang cukup panjang ini dengan sebaik-baiknya. Karena, lanjutnya, meskipun mendaftar sejak awal pembukaan, namun verifikasi yang akan dilakukan akan berpedoman pada zonasi.

“Waktunya kan masih panjang, manfaatkan waktu yang ada. Semua kan nanti diverifikasi dulu, tidak mesti yang pertama mendaftar terus pasti diterima,”paparnya.(ydh)

Komentar Anda

comments