Kapolda Metro Jaya Pantau Keamanan Bandara Soetta

Palapanews.com- Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono meninjau persiapan fasilitas keamanan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) memasuki arus mudik Lebaran 2019.

Salah satunya mengecek CCTV dengan menggunakan teknologi face recognition atau pengenal wajah.

“Kalau sudah CCTV semua punya face recognition, nanti data dimasukkan. Datang orang, langsung tahu, jadi bantu polisi mencari DPO,” ujar Gatot saat tinjau persiapan mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 29 Mei 2019.

Selain soal CCTV, Gatot menanyakan tentang kerawanan di bandara kepada Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Victor Togi Tambunan. Mengingat, beberapa kasus terungkap pembongkaran tas milik penumpang.

“Potensi kerawanan seperti geser tas itu ada tidak? Kalau bongkar tas harusnya tidak ada lagi,” kata Gatot.

“Izin Jenderal bongkar tas tidak ada laporan. Kalau hilang bagasi, satu, dua. Kalau dengan CCTV besar kemungkinan bisa terungkap. Biasanya karena tertukar,” jawab Victor.

Dalam pengamanan arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah, Gatot mengaku menurunkan personel sebanyak 753 personel.

“Polri sendiri kita menurunkan 753 personel. Tentunya pak Kapolres sudah mencoba mengidentifikasi apa saja potensi-potensi kerawanan. Kita kan itu personel Polri ya, ada personel TNI juga ada personel dari Avsec juga baik di dalam, di luar kita sudah siap semuanya,” jelas Gatot.

Pernyataan itu langsung dijawab oleh Eksekutif General Manager atau Kepala Cabang Bandara Soekarno Hatta M Suriawan Wakan. Wakan mengatakan, CCTV face recognition baru tersedia di Terminal 3.

“Di kami baru Terminal 3. (Terminal) 1, dan 2, kita sedang modernisasi,” kata Wakan.

Wakan menambahkan, kalau untuk total keseluruhan CCTV di Bandara ada 2104. “Kita di sini terpantau semua dengan CCTV, totalnya ada 2104 pak Kapolda,” jelasnya. (rik)

Komentar Anda

comments