Besok Dindikbud Tangsel Uji Coba PPDB SMP

Palapanews.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kota Tangerang Selatan akan dilaksanakan pada 24 Juni mendatang. Sedangkan uji coba sistem PPDB akan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel besok, Senin (27/5/2019).

Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono mengatakan uji coba sistem PPDB bertujuan untuk mengetahui seberapa mampu sistem menerima ribuan pendaftar.

“Ya besok uji coba PPDB Tangsel. Yang harus menjadi perhatian yakni sekolah pilihan sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan. Uji coba secara online dengan mengakses web sesuai sekolah pilihan. Misalnya pendaftar memilih SMPN 1 Tangsel, pendaftar tinggal menambahkan SMPN1 seperti smpn1.ppdb.tangerangselatankota.go.id. Dan, pilihan sekolah yang lain,” jelasnya.

Kemudian, Dindikbud Tangsel akan menyiapkan dua kali uji coba sistem PPDB. Taryono pun, berharap masyarakat maupun siswa dapat mencoba sistem PPDB.

“Dalam uji coba ini, kami ingin melihat apakah sistem bisa menampung ribuan pendaftar. Makanya kami telah menyiapkan dua kali uji coba yang pertama 27 Mei dan yang kedua 20 Juni sebagai evaluasi PPDB, sebelum PPDB berlangsung,” ucapnya.

Sebelumnya, Dindikbud Tangsel telah menetapkan tujuh zonasi yang telah tercantum di Peraturan Wali Kota nomor 2 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Tangsel dan Keputusan Wali Kota nomor 421.3/kep.218-huk/2019 tentang zonasi PPDB SMP.

“Perwal itu mengatur tentang PPDB. Kalau Kepwal khusus menentukan zonasinya. Untuk ketentutan persentasinya untuk akademik mendapatkan 45 persen, 30 persen jarak, 10 persen untuk keluarga tidak mampu, 5 persen prestasi dalam zona, 5 persen prestasi luar zona dan 5 persen perpindahan atau diluar Tangsel,” papar Taryono. (nad)

Komentar Anda

comments