Atasi Macet, Polresta Tangerang Buat Skema

Palapanews.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang menyiapkan beberapa skema untuk mengantisipasi kemacetan pada jalur mudik.

Skema itu disiapkan agar tidak terjadi penumpukkan kendaraan terutama di jalur-jalur utama.

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Ari Satmoko mengatakan, salah satu skema yang akan diterapkan adalah skema kanalisasi. Menurutnya, kanalisasi lalu lintas adalah pemusatan titik penyebrangan orang pada satu titik sehingga bisa mengurangi kemacetan.

“Skema itu diterapkan terutama di titik rawan kemacetan seperti Pasar Cikupa dan Pasar Gembong,” ujar Ari, Sabtu, 25 Mei 2019.

Ari menambahkan, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa alih arus lalu lintas, lanjutnya, akan dilakukan di Gerbang Citra Raya, Cikupa. Kendaraan yang menuju Serang dialihkan ke dalam kawasan Citra Raya dan berputar di arah bundaran pertama.

“Rekayasa alih arus ini juga di dukung tim pengurai kemacetan atau Tim Raicet yang bertugas sebagai tim reaksi cepat jika ada penumpukkan kendaraan di titik tertentu,” katanya.

Ari menjelaskan, sarana dan prasarana pendukung kegiatan lalu lintas juga turut disiapkan. Lanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan peraga rekayasa lalu lintas dan memasang beberapa kamera CCTV.

Ari menuturkan, titik rawan kemacetan pada jalur mudik cukup banyak. Oleh karena itulah, kata dia, dipasang CCTV yang dipantau di posko pelayanan Citra Raya. Informasi dari CCTV akan diteruskan ke Tim Raicet.

“Juga sebagai bentuk pelayanan, kami mendirikan posko pelayanan di Gerbang Citra Raya. Silakan bagi para pemudik untuk beristirahat,” jelasnya.(rik)

Komentar Anda

comments