Money Makeover, Ajak Mahasiswa Melek Keuangan Sedari Dini

Palapanews.com – Puluhan mahasiswa antusias mengikuti seminar bertajuk: ‘Money Makeover’ yang digelar di Gedung D Lt. 3 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Rabu (15/5/2019).

Event yang mengangkat tema tentang keuangan ini, menghadirkan tokoh inspiratif dan bestari di bidang keuangan, Vicko Hadian, founder Indonesia Financial Advisor Community.

Topik seminar membahas kiat mengatur dan mengelola keuangan termasuk investasi sedari dini ini, ternyata sangat diminati para peserta yang berasal dari berbagai jurusan di UMN itu.

Generasi Z merupakan mereka yang lahir antara tahun 1995-2012. Sebagian besar generasi ini, telah memasuki usia produktif. Mereka bekerja, mendapatkan uang, dan mampu independen secara finansial.

Tak dapat ditampik, generasi ini hidup di era penuh godaan. Perkembangan teknologi dan tren gaya hidup membuat generasi Z memiliki banyak opsi dan kemudahan untuk membelanjakan uangnya.

“Tantangan untuk Gen Z saat ini, semakin berat karena godaan semakin banyak,” ungkap Vicko Hadian dalam salah satu bagian materi pembahasannya.

Misalnya, lanjut pria yang sempat menempuh studi di Associate Estate Planner Practitioner, Singapura ini, tawaran paket liburan dengan harga miring, kemudahan dalam berbelanja, serta berbagai diskon yang menggugah mereka untuk menghabiskan sejumlah uangnya tanpa memikirkan perlunya persiapan dana atau tabungan masa depan.

“Hampir 85 persen masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan untuk merencanakan tujuan-tujuan hidupnya. Mereka perlu bantuan perencanaan keuangan, karena banyak sekali orang yang kesulitan tentang perencanaan keuangan,” tambah Vicko mengungkap fakta.

Menurut Vicko, Financial Planning tidak semata hanya tentang asuransi, tapi memang asuransi merupakan salah satu bentuknya. Ada komponen lain seperti pengaturan arus kas, dana darurat, dana hari tua, penetapan tujuan keuangan, hingga manajemen resiko.

Dalam sessi tanya jawab interaktif, banyak peserta yang tertarik mengajukan sejumlah pertanyaan seputar persoalan keuangan mulai dari investasi hingga seputar pengelolaan jatah uang kuliah kiriman dari orang tuanya. (bd)

 

Komentar Anda

comments