Ini, Solusi FlexIoT untuk Digitalisasi Peternakan Ayam

Palapanews.com – Solusi Internet of Things (IoT) diyakini mampu memberikan visibilitas real-time, mengotomatiskan proses manual, dan juga memberikan nilai tambah kepada peternakan unggas melalui analisa big data.

Selama ini, metode yang digunakan peternak masih serba manual sehingga memerlukan banyak tenaga kerja dan memakan waktu. Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan sensor IoT dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam serangkaian proses.

IoT dapat melakukan pemantauan lingkungan, otomasi pemberian makan, hingga memastikan kondisi ternak. Jika hal buruk terjadi maka bisa segera dilaporkan untuk diambil tindakan yang diperlukan.

Ada lima fitur utama pada dalam solusi Smart Poultry ini, diantaranya fitur real-time monitoring untuk mengetahui ketersediaan makanan, air minum, berat ayam, juga kondisi lingkungan menyangkut suhu, kelembaban, NH3, air velocity, dan intensitas cahaya.

XL Axiata, melalui XL Business Solutions, menyediakan platform digital berbasis cloud, layanan integrasi IoT, termasuk integrasi antara sensor dan otomasi peralatan-peralatan di kandang ayam. Saat ini solusi Smart Poultry tersebut telah selesai diimplementasikan dan dan dalam masa uji coba.

Pengembangan proyek Smart Poultry ini telah dimulai sejak tahun lalu dan diharapkan uji coba tersebut akan selesai di periode Q2 2019 untuk selanjutnya siap diterapkan dalam skala komersial yang lebih besar.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Business Solutions dan Sierad (PT Sierad Produce Tbk) menjalin kerjasama strategis dalam pengembangan Smart Poultry dengan menerapkan solusi IoT (Internet of Things) guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas produksi unggas.

Penandatanganan kerjasama kedua pihak dilakukan oleh Kirill Mankovski selaku Chief of Enterprise & SME XL Axiata dan Tommy Wattimena selaku Direktur Utama PT Sierad Produce Tbk di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

“Kami memberikan solusi end-to-end dan sensor yang menggunakan platform FlexIOT andalan kami untuk mendigitalisasi berbagai rangkaian proses dalam beternak ayam. Dengan harapan membuat bisnis semakin bertumbuh tidak hanya cepat melainkan juga lebih produktif dan efisien,” ungkap Kirill Mankovski.

Menurut Tommy Wattimena, Smart Poultry adalah wujud nyata dari evolusi Industri 4.0 pada sektor peternakan. Solusi IoT sangat cocok diterapkan di industri peternakan. Digitalisasi dalam produksi perlu dilakukan industri peternakan untuk meminimalisir jumlah kematian serta meningkatkan kualitas dari ungas. (rls/bd)

 

Komentar Anda

comments