5 Tips Mencegah Batu Empedu Kembali Kumat

Palapanews.com- Penyakit batu empedu menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Mulai dari sakit di bagian perut kanan atas yang menyebar ke bahu, hingga mual dan muntah. Orang yang pernah memiliki penyakit ini, harus segera diobati supaya tidak menjadi komplikasi yang lebih serius.

Setelah batu empedu diobati, pasien perlu menjaga gaya hidupnya tetap sehat supaya penyakit ini tidak lagi kambuh. Lantas, bagaimana caranya mencegah batu empedu agar tidak kambuh? Berikut tipsnya.

Sama seperti penyakit lainnya, penerapan gaya hidup sehat adalah cara untuk mencegah batu empedu. Apalagi jika orang tersebut sudah pernah memiliki penyakit ini sebelumnya.

Jika tidak, penyakit tersebut akan bisa terkena penyakit ini lagi dan lagi. Risiko terjadinya komplikasi, seperti kolesistitis akut (radang kandung empedu), pankreatitis (radang pankreas), atau kolangitis. Nah, untuk mencegah batu empedu kambuh, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan pilihan makanan dikonsumsi
Dikutip dari Hellosehat, batu empedu menandakan adanya pengkristalan zat pada kantong empedu. Umumnya, kristalan tersebut terbentuk dari penumpukan kolesterol. Sisanya terbentuk dari garam, kalsium, atau bilirubin (hasil pemecahan sel darah merah).

Kolesterol, garam, dan kalsium terdapat di banyak makanan dan minuman. Untuk itulah, asupan makanan yang mengandung zat tersebut harus dibatasi. Ini menjadi kunci untuk mencegah batu empedu datang lagi. Deretan makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang harus dihindari, antara lain:

  • Daging berlemak dan jeroannya
  • Mentega dan keju
  • Makanan apa pun yang digoreng

Sebagai gantinya, tingkatkan asupan makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan lupa, cara mengolah makanannya pun tidak boleh asal, yaitu tidak boleh terlalu banyak menggunakan minyak. Gunakan juga minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

2. Porsi makanan harus diperhatikan
Orang yang memiliki berat badan berlebih, berisiko dengan batu empedu. Bagi pasien batu empedu yang memiliki berat badan berlebih, diet adalah kunci untuk mencegah batu empedu tidak kambuh lagi.

Cobalah untuk mengurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, jangan dilakukan besar-besaran secara mendadak. Ini akan membuat tubuh Anda lemas, dan nafsu makan meningkat di waktu makan setelahnya. Lakukan pengurangan porsi sedikit-sedikit secara perlahan.

Kemudian, ganti camilan jadi lebih sehat, misalnya yogurt dan buah. Beberapa jenis buah, seperti pisang dan apel dapat membantu perut Anda kenyang lebih lama.

3. Terapkan kebiasaan makan yang baik
Menjaga berat badan tetap ideal, bukan hanya sebatas memperhatikan pilihan makanan dan porsinya. Anda juga perlu menerapkan kebiasaan makan yang baik dan benar untuk mencegah batu empedu kambuh kembali.

Misalnya, tidak makan di malam hari, makan dengan perlahan, dan tidak melewatkan jam makan.

4. Rajin olahraga
Diet akan lebih maksimal jika diimbangi dengan meningkatnya aktivitas fisik, seperti olahraga. Sebuah studi melaporkan bahwa rutin olahraga dapat menurunkan risiko seseoarng terkena gangguan kantong empedu. Khususnya, pada jenis olahraga yang bisa memberikan pengaruh besar pada berat badan.

Beberapa jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk mencegah batu empedu kambuh kembali antara lain bersepeda, berenang, jogging, dan jalan cepat. Lakukan ini secara rutin, setidaknya 60 menit per latihan sebanyak 5 kali seminggu.

5. Rutin cek kesehatan ke dokter
Selain penerapan gaya hidup sehat, rutin cek kesehatan pada dokter juga membantu pasien mencegah batu empedu datang kembali. Buat jadwal dengan dokter untuk memastikan kondisi dan kesehatan empedu Anda. (hs)

Komentar Anda

comments