Ketua APEKSI: Besaran Dana Kelurahan Masih Kurang

Palapanews.com- Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ((APEKSI) sekaligus Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I APEKSI di Tanjung Pinang, Rabu (24/4/2019). Salah satu soal yang dibahas, yakni kebijakan Dana Kelurahan yang digelontorkan pemerintah pusat.

Menurut Airin, salah satu agenda pertemuan APEKSI yaitu menyingkronkan perjuangan tentang alokasi Dana Kelurahan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Dana Kelurahan yang saat ini diterima, menurutnya masih kecil dari yang diharapkan, yaitu Rp300 juta per kelurahan, ke depan bisa sama seperti dana desa yang kini dikelola di setiap kabupaten.

“Paling penting pembahasan ini, menyangkut dana kelurahan, selanjutnya pemaparan pemerintah daerah, tentang inovasi pelayanan publik, yang sudah mereka capai,” kata Walikota Tangsel dua periode ini.

Airin yang saat itu, didampingi Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Walikota Tanjungpinang Syahrul menyampaikan bahwa perjuangan APEKSI terhadap dana kelurahan saat ini dianggap perlu. Upaya penting sebagai pemenuhan sarana penunjang infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat ke depan.

“Sebenarnya tidak ada bedanya pembangunan di desa maupun di kelurahan dalam rangka pemerataan. Saya rasa pemenuhan infrastruktur masyarakat di kelurahan juga perlu ditingkatkan,” ungkapnya.

Rakerwil I APEKSI Regional 1 Sumatera ini, sambung dia, tidak hanya dihadiri 24 kepala daerah, pihaknya juga mengundang pihak Kemendagri RI terkait sosialisasi dan peraturan perundang-undangan, sehingga tidak sampai salah jalan nantinya.

“Raker hari ini membahas tentang apa saja yang akan disampaikan pada saat Rakernas APEKSI di Semarang, Juli mendatang,” sebutnya. (hms/one)

Komentar Anda

comments