Trafik Data XL Axiata Naik 24% Terkait Pilpres 2019

 Palapanews.com – Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami kenaikan, tercatat periode antara 16 – 18 April 2019 kenaikan tertinggi hingga 24%. Sementara itu trafik voice naik 4%.

Menurut Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih, kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal.

Kemudian akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6%, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%.

“Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175%. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games,” papar Tri di Jakarta, Jum’at (19/4/2019).

Sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019, masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi. Terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7%

Data menarik lainnya, karena hari Pemilihan Presiden 2019 adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan.

“Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain,” kata Tri.

Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%. (rls/bd)

Komentar Anda

comments