Siloam Hospitals Lippo Village Dukung Atasi Kardiovaskular di Indonesia

oleh -
Acara Penyegaran Ilmiah Berkelanjutan (PIB) Siloam Hospitals. foto : budi
banner 300250

Palapanews.com – Siloam Hospitals Lippo Village mendukung peningkatan pengetahuan dan kapasitas profesional kesehatan untuk atasi penyakit kardiovaskular di Indonesia.

Tercatat, salah satu masalah kesehatan utama di negara maju dan berkembang adalah penyakit kardiovaskular. Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit jantung atau sekitar 31% dari angka kematian global seluruhnya.

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah, termasuk diantaranya adalah penyakit jantung koroner (PJK), gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, hipertensi, dan stroke.  Di Indonesia, data Riskesdas 2013 mencatat PJK sebagai jenis penyakit jantung dan pembuluh darah dengan prevalensi tertinggi.

Hal tersebut terungkap di acara Penyegaran Ilmiah Berkelanjutan (PIB) bertajuk Update on Advances in Cardiovascular Medicine terkait penanganan pasien dengan gangguan penyakit kardiovaskular yang digelar Siloam Hospitals, Sabtu 6 April 2019. Peserta terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis.

“Jantung merupakan organ tubuh vital yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah,” ungkap Dr. dr. Sunanto,Sp.JP (K), dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Siloam Hospitals Lippo Village, salah satu pembicara pada kegiatan PIB.

Jantung juga, lanjut dokter Sunanto, bekerja untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya, dan memiliki fungsi menghilangkan racun karbon dioksida dan kotoran lainnya di dalam tubuh. Jika bermasalah, organ vital ini tidak akan mampu memasok darah ke organ tubuh lainnya yang dapat berdampak fatal bagi kesehatan.

Sementara menurut dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular Siloam Hospitals Lippo Village, dr. Dicky Aligheri, Sp.BTKV, penanganan segera dan menyeluruh sangat diperlukan pada kasus pasien dengan penyakit jantung.  Jika tidak ditangani dengan cepat, kerusakan otot jantung, gagal jantung, bahkan kematian mendadak dapat terjadi.

“Dengan hadirnya inovasi teknologi di bidang kesehatan, solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan bisa dilakukan dengan beragam teknik, tak terkecuali di bidang jantung dan pembuluh darah,” jelas dokter Dicky pada acara yang berlangsung di Siloam Hospitals Lippo Village Ballroom lt. 11, Jl. Siloam No. 6, Lippo Village, Karawaci.

Selain pembedahan,  jelasnya lagi, teknik minimal invasif juga dapat menjadi pilihan bagi pasien. Tentunya ragam pilihan tindakan dan pengobatan ini perlu dipertimbangkan dan disesuaikan juga dengan riwayat kesehatan dan kondisi pasien. Sehingga pasien akan mendapatkan hasil yang maksimal serta tujuan tindakan dan pengobatan dapat tercapai dengan baik.  (bd)

Komentar Anda

comments