275 Karyawan Hotel dan Restoran Jalani Sertifikasi Uji Kompetensi

Palapanews.com- Sebagai kota yang layak dikunjungi, Kota Tangerang terus berkembang dengan meningkatkan potensi wisata melalui hotel dan restoran baik dari segi pelayanan, fasilitas, hingga Sumber Daya Manusianya.

Sebanyak 275 karyawan hotel dan restoran se-Kota Tangerang turut ambil bagian dalam kegiatan sertifikasi melalui Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran, di Hotel Golden Tulip Essential, Kamis, 4 April 2019.

Sertifikasi tersebut diselenggarakan atas kerjasama Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Hospitality Cakrawala Indonesia.

Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin mengatakan, uji kompetensi diharapkan mampu menambah profesionalisme dan etos kerja dari karyawan khususnya di bidang pariwisata.

“Kalau mereka profesional akan berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan dari pengusaha hotel dan restoran serta pegawainya sendiri,” ucap Sachrudin.

Sachrudin menambahkan, Kota Tangerang yang telah melaksanakan sertifikasi uji kompetensi di bidang pariwisata untuk ketiga kalinya ini, dimaksudkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.

“Tahun 2018 PAD kita Rp322 milyar rupiah, untuk targetnya tahun ini semoga bisa mencapai Rp360 milyar rupiah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rina Hernaningsih menjelaskan, dalam era kompetisi saat ini uji kompetensi sangat diperlukan agar pengusaha perhotelan dan restoran dapat bersaing secara profesional.

“Saya berharap mereka lulus semua dengan skill yang dimiliki masing-masing, karena kalau mereka sudah punya sertifikat bisa bekerja bahkan ke internasional, karena sertifikat ini berlaku juga di luar negeri,” jelas Rina.

Disbudpar pun mendukung penuh berbagai event kepariwisataan di Kota Tangerang, guna meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdapak pada pendapatan bagi hotel dan restoran.

“Terdekat ini ada event Festival Cisadane dan Festival Budaya kemudian ada Culinary Night setiap bulannya, seluruh event akan kita dukung penuh bekerjasama dengan hotel dan restoran,” tutup Rina.(ydh)

Komentar Anda

comments