UMN – Gramedia Ciptakan Permainan Interaktif Our Happy Place

Palapanews.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan Gramedia menciptakan permainan interaktif dalam wahana ā€œOur Happy Placeā€ di Gramedia World Harapan Indah Bekasi.

Bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak, permainan interaktif ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) di mana anak-anak dapat memproyeksikan obyek dua dimensi menjadi tiga dimensi.

Dosen program studi (prodi) Film UMN Andrew Willis menjelaskan bahwa dalam kerjasamanya dengan Gramedia, UMN melalui UMN Pictures (UMNP), unit studio produksi di bawah naungan UMN, berperan sebagai software developer.

ā€œUMN Pictures menggunakan konten Gramedia untuk dijadikan sebuah permainan interaktif dan juga edukatif. Kami membuat coding beserta desain permainannya,ā€ jelas Andrew.

Andrew menambahkan, pembuatan karya ini ditujukan untuk memberikan pengalaman yang unik, inovatif dan edukatif bagi masyarakat, khususnya anak-anak. Tak hanya itu, alumni UMN yang terlibat dalam proses pembuatan karya ini pun mendapatkan pengalaman baru.

ā€œDiharapkan bisa menjadi benchmark dalam aplikasi ilmu lintas disiplin (cross disciplinary), sehingga alumni UMN lebih berani bereksperimen di luar ilmu yang mereka tekuni dan membuka peluang-peluang inovasi yang baru,ā€ tambah Andrew.

Area permainan Interaktif ā€œOur Happy Placeā€ . foto : umn

Hadi Purnomo, salah satu alumni UMN dari prodi DKV (Desain Komunikasi Visual) peminatan Interaction Design UMN yang berperan sebagai programmer dalam pembuatan karya ini mengutarakan mewarnai adalah hal yang paling mudah untuk mengembangkan kreativitas anak.

ā€œCara membuat mewarnai menjadi lebih menarik adalah dengan mencampurkan media digital ke hasil gambar tersebut. Jadi, hasil gambarnya discan lalu muncul ke layar dan anak-anak dapat berinteraksi dengan gambar yang telah mereka buat,ā€ jelas Hadi.

Selain Hadi, ada Marlinda Henry yang berperan sebagai illustrator. Berbekal ilmu pengetahuan sebagai lulusan prodi Film peminatan Animasi UMN dan bantuan supervisinya, Marlinda membuat visual laut beserta isinya. Sebagai illustrator tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Marlinda.

Wahana ā€œOur Happy Placeā€ (OHP) di Gramedia World Harapan Indah Bekasi diresmikan pada Jumat, 29 Maret 2019. Di dalamnya, terdapat tujuh area bermain, seperti OHP Garden, Dream House, Shoot Station, Die Cast, Sand and Bricks, dan Mandi Bola.

Memiliki konsep bermain, beraktivitas dan belajar, wahana ini berada di bawah naungan Gramedia Kids dengan target anak-anak usia 3-12 tahun. Adapun tiket OHP 90 menit sebesar Rp 30 ribu untuk anak dan Rp 15 ribu untuk pendamping. Sedangkan tiket OHP full day sebesar Rp 45 ribu untuk anak dan Rp 20 ribu untuk pendamping. (rls/bd)

Komentar Anda

comments