Capaian e-KTP 99,10%, Komisi II DPR Kunjungi Pemprov Banten

Palapanews.com- Dianggap tinggi dalam capaian perekaman e-KTP di Provinsi Banten, Komisi II DPR RI mengunjungi Pemerintahan Provinsi Banten yang diterima langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Rombongan yang berjumlah 11 orang dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR RI Herman Khoiron.

Dalam pertemuan itu, diungkapkan jika capaian 99.10% data perekaman e KTP di Provinsi Banten dalam persiapan pemilu bulan April 2019 dianggap DPR RI cukup tinggi bila dibandingkan dengan daerah yang lain di Indonesia. Komisi 2 DPR RI cukup mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Provinsi Banten.

Gubernur menyatakan, tetap akan terus mengejar secara maksimal terutama untuk warga yg belum melakukan perekaman tersebut, serta tetap menjaga kondusifitas pada saat pelaksanaan Pemilu yang akan digelar April 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan Gubernur saat menerima rombongan Komisi II DPR RI yang didampingi KPU Provinsi Banten, Bawaslu Provinsi Banten, serta Forkompinda Provinsi Banten.

Komisi II DPR RI didampingi mitra kerja dari Kemendagri, Kemenpan RB, BPN, Deputi Kemaritiman Setneg, Lembaga Arsip Nasional, BKN serta Ombudsman.

Menurut Herman Khoiron, kunjungan ini untuk membangun situasi bersama menjelang pemilu 2019. “Ada kewajiaban moral Komisi II untuk mensukseskan pemilu 2019,” tegasnya.

Tiga hal yang diagendakan dalam kunjungan ini adalah pelayanan di Provinssi Banten, pertama terkait dengan Disdukcapil. Akses untuk memilih yaitu KTP elektronik. Seiring dengan ketetapan MK, suket bisa untuk memilih dimana alamat itu tertuang. Pemutaran data pemilih yang terekam188 juta. Serta basis DPT adalah coklit, seharusnya bisa simultan dengan data DP4 Kemendagri.

Kedua adalah pelaksanaan pemilu 2019 yang adil, jujur dan legitimet.

Ketiga terkait rekrutmen CPNS dan P3K. Apakah Pemprov Banten menyediakan dalam rekrutmen P3K yang lalu dan apakah nanti Pemprov Banten mengalokasikan CPNS

Untuk persoalan kependudukan, Gubernur Banten melalui Disdukcapil Pemprov Banten menjelaskan data hasil konsolidasi dengan Kemendagri jumlah penduduk Provinsi Banten 10.722.374 jiwa. Untuk penyediaan data kependudukan yang akurat untuk Pemilu 2019, hari libur juga melaksanakan perekaman.

Bahkan saat ini, Suku Baduy juga sudah melakukan perekaman 100%. Di Provinsi Banten proses perekaman sudah mencapai 99,10%. Dan yang belum melakukan perekaman sebanyak kurang lebih 70.000 orang. Rata-rata kendala setiap daerah yang ada di Kab/Kota di provinsi Banten berbeda-beda, ada karena penduduk yg tdk berada di tempat, atau belum sempat merekam karena pulang larut malam, sampai dengan penduduk yang bertahun-tahun tidak melakukan transaksi kependudukan. Walupun setiap Disdukcapil Kota/kab telah memberikan berbagai kemudahan pelayanan sampai jemput bola ke rumah2 penduduk dan menyediakan call center apabila ada masyarakat yang minta perekaman.

“Kita cari jalan keluarnya untuk sempurnakan hal ini,” tegas Gubernur Banten.(ydh)

Komentar Anda

comments