Walikota Tangerang Bagikan 2.500 Sertifikat PTSL

Palapanews.com- Setelah tahun lalu berhasil dibagian sebanyak 6.000 Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang, diawal tahun ini kembali dibagikan 2.500 Sertifikat PTSL.

Ditemui usai acara penyerahan sertifikat secara simbolis, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menginginkan, percepatan pembuatan sertifikat tanah yang menargetkan 60.000 sertifikat PTSL dapat terwujud ditahun ini.

“Mereka nunggu 20 tahun hanya untuk punya sertifikat. Makanya saya minta kepada BPN untuk mempercepat prosesnya,” jelas Arief yang ditemui di Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jum’at, 29 Maret 2019.

“Rekan-rekan Forkopimda siap membantu, camat dan lurah juga harus mendukung dan bekerjasama,” tambah Arief.

Arief kembali menegasakan, Sertifikat PTSL adalah bukti hak perdata yang jelas dan sah diakui negara, untuk itu seluruh warga yang memiliki tanah harus memiliki sertifikat agar kepemilikiannya jelas.

“Karena satu-satunya dokumen yang diakui negara adalah sertifikat ini, gak ada yang lain,” ucapnya.

“Supaya kedepan tanahnya tidak bersengketa atau tersandung masalah hukum,” imbuhnya.

Kepada 2.500 warga penerima sertifikat PTSL, Walikota Tangerang berpesan agar tanah yang telah sah hukumnya dipergunakan untuk membangun tempat usaha.

“Intinya kita mendorong sertifikat ini bisa jadi modal kerja, kan menambah kesejahteraan mereka,” pesannya.

Terakhir, Arief mengimbau pada warga masyarakat Kota Tangerang untuk segera mendaftarkan tanahnya agar memiliki kejelasan hukum.

“Bikinnya tanpa biaya, jadi kalau ada yang minta laporin aja. Bahkan pihak saya saja ada yang sudah diberhentikan karena melanggar,” tegasnya.

Seperti kita ketahui, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan didalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.(ydh)

Komentar Anda

comments