Besok, Hari Terakhir Pendaftaran Paskibraka Tangsel

Palapanews.com- Puluhan pendaftar calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) terlihat memadati kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tangsel untuk menyerahkan berkas, Kamis (21/3/2019).

Ketua PPI Kota Tangsel, Warta Wijaya mengatakan antusias dari calon paskibraka untuk mendaftar membuat adanya penambahan waktu pendaftaran satu hari. Sebelumnya pendaftaran dibuka sejak 21 Februari hingga 21 Maret.

“Harusnya hari ini ditutup. Karena masih banyak antusias jadi di perpanjang pendaftaran dan diharapkan target mencapai tingkat Nasional bisa tercapai,” ujarnya.

Tim gabungan dari Dispora dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tangsel, secara teliti mengecek satu persatu berkas calon paskibraka serta mengukur tinggi dan berat badan pendaftar.

Sementara Endang selaku Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Tangsel membeberkan syarat yang harus dipenuhi bagi para calon paskibraka. Antara lain, postur tubuh bagi wanita 165 cm sementara untuk pria 170 cm. Serta administrasi lainnya yang harus dipenuhi seperti persetujuan dari pihak sekolah dan orang tua.

“Jumlah sekolah sudah ada 50 sekolah lebih yang mendaftar, tapi tidak semua memenuhi syarat ada beberapa calon pendaftar yang gagal. Biasanya masalah postur tinggi badan yang membuat mereka gagal dan administrasi lainnya,” ujarnya.

Endang yang turut mengawasi pendaftaran pun, hingga saat ini sudah ada 200 lebih calon pendaftar yang lolos di tahap administrasi. Dan, Dispora dan PPI Tangsel membuka pendafaftaran hingga Jumat (22/3/2019) besok.

“Total keseluruhan dari mulai dibuka pendaftaran bulan Februari lalu sampai saat ini ada sekiranya 500an lebih calon pendaftar dan ada 200an lebih yang sudah lolos ditahap pertama,” paparnya.

Nantinya, para calon paskibraka yang sudah lolos ditahap pertama akan mengikuti seleksi tahap kedua yang direncanakan akan digelar pada Selasa (26/3/2019) di Balai Kota Tangsel. Demi mencapai target adanya perwakilan Tangsel yang menuju tingkat Nasional, tahapan seleksi pun dilakukan dengan ketelitian dari tim panitia seleksi.

“Meski ada kendala sedikit soal lokasi, tapi itu tidak mengurangi kepentingan kita. Selasa (26/3/2019) nanti yang sudah lolos akan mengikuti tes tertulis, tes kesehatan dan tes wawancara. Dan, hasil tersebut akan kami cek secara teliti terlebih dahulu mana yang terbaik dan akan diumumkan pada hari Rabu (27/3/2019) ini dilakukan demi target menuju tingkat Nasional,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments