Cegah Kaki Kapalan dan Kasar dengan Cara Ini

Palapanews.com- Penebalan bagian kulit kaki disebut dengan kalus (callus) alias kapalan. Meskipun termasuk masalah kaki yang sepele, kapalan tetap saja mengurangi keindahan telapak kaki Anda, bukan? Lantas, adakah cara mencegah kaki kapalan supaya tidak terjadi? Yuk, intip triknya berikut ini.

Dikutip dari Hellosehat, kapalan adalah penebalan dan pengerasan lapisan kulit akibat gesekan atau tekanan terus-menerus. Masalah kulit yang satu ini lebih sering terjadi di telapak dan jari kaki, tapi bisa juga terjadi di tangan atau jari tangan.

Munculnya kapalan di kaki memang tidak akan membuat Anda kesakitan, namun tetap saja bikin kaki terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Tenang dulu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kaki kapalan, yaitu:

1. Pakai sepatu sesuai ukuran

Kaki kapalan biasanya dipicu oleh penggunaan sepatu yang salah alias tidak cocok dengan bentuk kaki. Saat Anda berjalan dengan sepatu yang ukurannya lebih kecil, misalnya, kaki akan mengalami tekanan dan gesekan secara terus-menerus dengan sepatu.

Lama-kelamaan, area kulit yang bergesekan akan mengalami pengerasan yang sebetulnya bertujuan untuk melindungi kulit dari lecet. Namun pada saat yang bersamaan, kulit akan terus-terusan menebal dan membentuk kapalan.

Nah, untuk mencegah kaki kapalan, selalu pakai sandal atau sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Pilih sepatu yang tidak terlalu longgar atau sempit. Caranya adalah dengan memakai kaus kaki sebelum mencoba sepatu yang ingin Anda beli. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyesuaikan sepatu mana yang cocok dengan ukuran kaki Anda.

2. Hindari pakai high heels atau sepatu dengan ujung sempit

Memakai sepatu hak tinggi alias high heels memang bisa mendukung penampilan para wanita jadi lebih cantik dan modis. Namun siapa sangka, keseringan pakai sepatu hak tinggi ternyata bisa memicu kulit kapalan, lho!

Ukuran hak yang tinggi akan memberikan tekanan lebih besar pada bagian kaki setiap kali Anda berjalan. Semakin besar tekanan dan gesekan antara kaki dan sepatu, maka ini akan meningkatkan risiko terjadinya kapalan di kaki. Efek yang sama juga terjadi jika Anda menggunakan sepatu dengan ujung yang runcing.

Dilansir dari Everyday Health, American Academy of Orthopedic Surgeons menyarankan sepatu dengan hak yang lebih rendah untuk melindungi kaki Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan bebas bergerak saat beraktivitas. Yang tak kalah penting, ini juga bisa mencegah kaki kapalan.

3. Pakai pelembap

Kaki kapalan juga bisa dicegah dengan rutin mengoleskan krim pelembap ke telapak kaki yang mulai mengeras. Pilihlah losion atau krim pelembap yang mengandung bahan asam salisilat, amonium laktat, atau urea.

Kandungan bahan-bahan tersebut dapat membantu melunakkan kapalan dan menghaluskan kulit. Jika digunakan secara rutin, maka Anda tak perlu khawatir lagi dengan kaki kapalan.

4. Rendam kaki di air hangat

Bila Anda mulai mendapati kulit telapak kaki yang menebal, segera rendam kaki di air hangat selama 10 menit setiap hari. Sensasi hangatnya dapat membantu melembutkan kulit yang mengeras dan mencegah kaki kapalan.

Bisa juga dengan menggunakan batu apung yang dicelupkan ke air hangat. Dengan batu hangat tersebut, pijat area kulit yang mulai mengeras dengan gerakan memutar selama beberapa saat. Cara ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah timbulnya kapalan.

5. Rutin potong kuku

Sudahkah Anda rajin memotong kuku kaki? Kalau belum, jangan lupa selalu potong kuku kaki Anda jika sudah dirasa panjang dan mengganggu aktivitas.

Kuku kaki yang panjang akan memaksa jari-jari kaki Anda untuk mendorong sepatu ke arah atas. Hal ini dapat memicu gesekan yang lebih intens antara kaki dan sepatu yang Anda gunakan. Alhasil, risiko kaki kapalan tak bisa dihindari.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu rutin memotong kuku kaki. Tidak hanya mencegah kaki kapalan, hal ini juga akan melindungi Anda dari berbagai masalah pada kuku kaki yang mungkin terjadi. (hs)

Komentar Anda

comments