Pemkot Depok Dapat Hibah Rp28,1 Miliar dari DKI

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini bakal mendapat dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebesar Rp28, 1 miliar. Nantinya dana ini akan dipergunakan untuk penataan tiga situ yaitu, Situ Pladen Kecamatan Beji, Situ Rawa Besar Kecamatan Pancoran Mas dan Situ Bojongsari Kecamatan Sawangan.

“Ya, benar tahun ini Pemkot Depok akan mendapatkan hibah dari DKI Jakarta yang dikhususkan untuk penataan situ dan sudah kami pilih lokasinya. Untuk masing-masing situ, nilainya berbeda-beda. Tergantung kebutuhan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, Senin (21/01/19).

Dia menyebutkan nilai bantuan masing-masing situ antara lain, Situ Pladen sebesar Rp15,6 miliar, Situ Rawa Besar Rp 10,4 miliar dan Situ Bojongsari sebesar Rp2,1 miliar. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan seperti normalisasi, penurapan dan pembuatan area joging.

“Kegiatan ini akan kita lelang dan kita percayakan penataan situ melalui pihak ketiga. Kami hanya melakukan pengawasan. Saat ini kami masih menunggu proses selanjutnya dari DKI Jakarta, yang jelas kami sudah buat Detail Engineering Design (DED) pada tahun anggaran 2018,” terangnya.

Dirinya berharap, kegiatan normalisasi dan penataan situ nantinya bisa memaksimalkan daya tampung air, sehingga fungsinya menjadi lebih optimal. Selain itu, keberadaan situ diharapkan bisa dimanfaatkan oleh warga sebagai destinasi wisata air.

“Harapannya menjadikan daya tampung air lebih maksimal, karena situ terawat. Selain itu, dengan ditatanya situ bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata dan olahraga,” tandasnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments