Ikan Rainbow Asal Papua Mulai Dikembangkan di Depok

Palapanews.com- Sebanyak 10 pasang calon indukan ikan rainbow asal Papua, siap dibudidayakan di Kota Depok. Pengembangan indukan yang ditujukan untuk mengangkat ekonomi pembudidaya lokal tersebut, berasal dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias (BPPBIH) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Belum lama ini kita dapat bantuan 10 pasang calon indukan ikan rainbow asal Papua. Dengan jumlah lima betina dan lima jantan. Nantinya, setelah jadi indukan, akan kita uji coba untuk dikembangbiakkan di Kota Depok,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP), Nur Hidayat.

Dikatakannya, BPPBIH telah lama mengembangkan ikan rainbow dan sukses menghasilkan telur di luar habitat asli dengan bantuan teknologi. Saat ini Pemkot Depok menjalin kerja sama dengan BPPBIH agar ikan rainbow bisa juga dibudidayakan di BBI Kota Depok.

“Kami mencoba memanfaatkan hasil penelitian yang telah dikembangkan BPPBIH. Jika berhasil, nantinya ikan hias ini bisa jadi potensi untuk terus dikembangkan,” katanya.

Nur menjelaskan, untuk siap dibudidayakan, pihaknya harus menunggu ikan rainbow selama kurang lebih dua sampai tiga bulan. Adapun kelebihan dari ikan asli Papua tersebut salah satunya adalah memiliki nilai jual tinggi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi petani ikan.

“Mudah-mudahan pertengahan tahun sudah bisa diperkenalkan kepada masyarakat, khususnya petani ikan. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki ikan rainbow tersebut, dapat menjadi sumber mata pencarian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments