Bawa Syiar Agama, Dai Kamtibmas Harus Tangkal Hoax

Palapanews.com- Untuk mengantisipasi terjadinya gesekan pada Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang, kehadiran Dai Kamtibmas sangat dibutuhkan untuk menjadi penyejuk hati masyarakat di wilayah Tangerang.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Harry Kurniawan, Kamis, 10 Januari 2019.

Menurut Harry Kurniawan, saat ini tahapan pesta demokrasi mulai berjalan, dan Dai Kamtibmas akan turun ke kecamatan, kelurahan atau desa untuk menjadi ulama yang mampu memberikan kesejukan hati.

“Mereka (Dai Kamtibmas) akan memberikan syiar agama yang mampu menyejukan hati masyarakat, sehingga masyarakat tidak akan terpancing dengan isu-isu negatif,” kata Harry Kurniawan.

Pria yang akrab disapa HK ini menegaskan, Dai Kamtibmas tidak hanya mensiarkan keagamaan bagi masyarakat, tapi juga mampu menyampaikan kebenaran bagi masyarakat tentang adanya informasi bohong (hoaxs).

“Jika ada informasi bohong, maka Dai Kamtibmas segera mungkin memfilter (menyaring) informasi tersebut kepada masyarakat,” paparnya.

Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin saat menghadiri Silahturahmi Dai Kamtibmas yang berada di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota menerangkan, peranan Dai Kamtibmas sangat penting dalam memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat melalui syiar agama
Sebab, keberadaan dai berperan aktif dalam menjaga kondusifitas di Kota Tangerang, termasuk dengan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

ā€œPemerintah tidak bisa bertindak sendiri tanpa partisipasi masyarakat, khususnya Dai Kamtibmas dalam menjaga stabilitas keamanan, dan ketertiban di Kota Tangerang,ā€ujar Sachrudin.

Sachrudin menambahkan, dengan adanya peranserta Dai Kamtibmas, secara tidak langsung akan memberikan kesejukan hati bagi masyarakat.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar yang juga hadir dalam silahturahmi Dai Kamtibmas menerangkan, jika kedatangannya merupakan salah satu bentuk kepedulian atas terbentuknya Dai Kamtibmas. Pasalnya, ada lima kecamatan di Kabupaten Tangerang yang masuk dalam wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota.

“Adanya Dai Kamtibmas ini diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Sebab, sejak dulu Tangerang itu satu, dan masyarakatnya saling berbaur,” papar Zaki.

Zaki juga mengimbau agar masyarakat jangan sampai terhasut dengan adanya isu-isu yang mampu merugikan diri sendiri.

“Apalagi saat ini masuk ditahun politik, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memecah belah tali persaudaraan,”‘pungkas Zaki seraya menambahkan, marilah kita jaga keharmonisan masyarakat Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments