Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Ajak KNPI Bertani

Palapanews.com Untuk menjaga stabilitas pangan di Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengajak masyarakat dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) maksimalkan lahan pertanian yang di Kabupaten.

Hal ini disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat mengikuti panen bayem ungu dilahan pertanian milik Mas Bagas, petani asal Rawalini Kecamatan Teluknaga, Jumat (4/01).

Bupati mengajak masyarakat untuk kembali memaksimalkan lahan pertanian yang ada, baik yang di bagian utara, barat, maupun selatan Kabupaten Tangerang. Lahan-lahan tersebut jangan sampai dibiarkan tidur atau tidak difungsikan sebagai lahan pertanian.

“Kita sengaja mengajak para pemuda yang bernaung di KNPI untuk bisa belajar bagaimana memaksimalkan pertanian dalam era kekinian karena hal ini sudah dibuktikan oleh Mas Bagas petani asal Teluknaga yang berhasil dalam menggeluti pertanian”, paparnya.

Zaki menjelaskan, sebagai seorang petani yang sukses, Mas Bagas bisa menjadi inspirasi bagi pemuda Kabupaten Tangerang dalam menggeluti pertanian, sehingga menjadi modal penting pemerintah dalam memenuhi ketahanan pangan, bila lahan pertanian yang ada bisa dimaksimalkan.

“Pemuda harus inovatif dalam membaca potensi dan peluang yang ada, meski Kabupaten Tangerang dikelilingi industri, namun pertanian bisa tetap tumbuh dalam jalurnya tanpa harus tergerus oleh perkembangan jaman,” tegasnya.

Zaki mengakui, Kabupaten Tangerang mulai pada tahun 2019 ini akan memaksimalkan kebutuhan pangan dengan melakukan pemanfaatan lahan ini,  konsepnya ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi, tapi juga sayur-mayur buah-buahan dan produk holtikultura.

“Kita sama sama dengan KNPI melihat potensi holtikultura sayur-mayur dan buah-buahan di Kabupaten Tangerang yang nantinya para pemuda inilah yang menggerakan dan menjalankan, artinya Mas Bagas ini bisa menjadi lokomotif nanti untuk pergerakan pemuda turun ke kebun ataupun pemuda turun ke ladang.” ucap Zaki.

Sementara itu, Mas Bagas petani sukses asal Teluknaga mengatakan, dirinya mengawali usaha ini dari nol banyak suka dukanya karena menjadi petani itu harus siap, siap kotor, siap capek, siap bau tentu ini semua berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sangat peduli terhadap petani petaninya. Ini kedua kalinya Bupati Tangerang meninjau kesini, ada 30 jenis sayur-sayuran dan buah-buahan kurang lebih 20 ton perbulan yang kita juga sudah kirim untuk ekspor ke Hongkong.

“Semoga pemuda-pemuda di Kabupaten Tangerang tergerak dan dapat bersama sama menjadi pengusaha sayur mayur khususnya pemuda di Teluknaga” ucap Bagas.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang, Adang Akbarudin  mengatakan, siap menghadapi tantangan Bupati tersebut, supaya pemuda terutama KNPI menjadi garda terdepan dalam membantu ketahanan pangan ini, karena memang KNPI memiliki potensi pemuda kreatif dalam pertanian dan peternakan.

“Bertani adalah warisan leluhur, namun demikian KNPI memiliki konsep sendiri dalam membantu pemerintah tersebut, diantaranya adalah dengan membangun bisnis argo wisata dan budidaya perikanan,” terangnya.

Menurut Adang atau yang biasa dipanggil Abek ini mengakui kalau konsep wisata pertanian ini akan lebih menguntungkan bagi petani, selain sukses dari hasil pertanian dan sektor wisatanya.

” Jadi ketika bertani kita punya dua keuntungan finansial dari jalur pertanian. Dimana dari pertanian sendiri serta dari wisatanya, serta keuntungan dari sektor budidaya peternakan,” jelasnya.(nis)

Komentar Anda

comments