Cek Rest Area, Menhub Sosialisasi Peta Kuliner Trans Jawa

Palapanews.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan Rest Area di Tol Trans Jawa di Rest Area KM 207 (A) yang berlokasi di Tol Palimanan – Kanci, Kota Cirebon, Sabtu (29/12/2018). Menhub sekaligus mengenalkan Peta Kuliner Trans Jawa.

Peta Kuliner Trans Jawa yang diluncurkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada 22 Desember lalu diharapkan dapat membangkitkan perekonomian di masing-masing kota yang dilalui oleh ruas Tol Trans Jawa melalui bisnis kuliner.

“Ada tugas dari Pak Presiden kepada saya bahwa konektivitas itu harus. Tapi konektivitas yang seperti apa? Yang deliver. Konektivitas yang deliver itu berarti punya arti bagi masyarakat. Pertama, berfungsi sebagai sarana perhubungan, tapi juga punya fungsi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di kota-kota yang dilalui,” jelas Menhub.

“Nah oleh karenanya saya bersemangat sekali bahwa kuliner ini harus dibukukan karena saya sendiri kalau ke pergi kota-kota tertentu yang dicari adalah kuliner. Nah kalau kuliner ini bangkit, maka banyak sekali orang yang punya kesempatan untuk bekerja. Mereka punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis,” tambahnya.

Sampai dengan saat ini, terdapat 61 tempat peristirahatan pengemudi atau rest area yang tersebar di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Jumlah ini dianggap cukup untuk memfasilitasi para pengendara beristirahat.

Namun, Menhub meminta kepada Jasa Marga untuk dapat memperluas tempat parkir pada rest area yang ada, agar dapat meingkatkan daya tampung pada saat tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi seperti pada musim mudik Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

“Sekarang ini setiap 15 km ada, jadi ada 61 rest area. Kita lihat memang pada saat hari-hari biasa atau libur seperti ini tidak ada masalah. Tetapi pada saat lebaran itu memang kurang tempatnya, harus disiasati dengan menambah tempat parkir. Jadi kalau saya bilang tetap saja segini dulu tapi tempat parkirnya diperluas supaya pada saat lebaran daya tampungnya lebih banyak,” terang Menhub.

Bagi masyarakat yang ingin mengunduh Peta Kuliner Trans Jawa dari Kementerian Perhubungan dapat mengunjungi link berikut: http://hubdat.dephub.go.id/spesial-konten/dokumen-publikasi/umum/2671-peta-kuliner-trans-jawa-. (hms/red)

Komentar Anda

comments