Pengumpulan Zakat di Depok Capai Rp3 Miliar

Palapanews.com- Capaian pengumpulan zakat di Kota Depok meningkat hingga 60 persen pada 2018 ini. Tercatat tahun 2017 capaian zakat sebesar Rp1,8 Miliar, sedangkan tahun 2018 zakat yang terkumpul mencapai Rp3 Miliar.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok, Encep mengatakan perolehan zakat tersebut sudah dilaporkan dan telah mendapat audit Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan opini Wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, kinerja dan arus kas sesuai dengan Standar AKuntansi Keuangan di Indonesia.

“Alhamdulillah capaian zakat tahun ini (2018) meningkat hingga 60 persen,” katanya usai kegiatan Gebyar Pemberdayaan Baznas Kota Depok, di Aula Lantai I, Balai Kota Depok, Kamis(27/12/18).

Dengan perolehan tersebut, pihaknya optimistis capaian di tahun 2019 bisa lebih meningkat. Mengingat, Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan penyumbang zakat terbesar di Baznas Kota Depok.

“ASN penyumbang zakat terbesar, nilainya mencapai Rp1,5 Miliar. Ini bisa terjadi karena sinergisitas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Baznas Kota Depok yang terus terjalin. Tahun depan (2019) target kami adalah Rp13 Miliar. Kami optimistis tercapai,” tegasnya.

Menurutnya, pencapaian zakat yang dikelola Baznas Depok di 2018 cukup luar biasa. Kedepan Baznas Kota Depok akan ekspansi ke corporate atau perusahaan di Depok, sehingga zakat bisa disalurkan kepada yang membutuhkan.

“Zakat yang didapat dari ASN merupakan zakat profesi, kedepan kami akan menjangkau ke perusahaan swasta agar nilainya terus meningkat,” tutupnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments