3 Bus JA Connexion Layani Rute Cikokol-Bandara Soetta

Palapanews.com- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Perum PPD meresmikan tiga unit bus Jabodetabek Airport (JA) Connexion rute Cikokol, Kota Tangerang menuju Bandara Soekarno Hatta, Jumat (7/12/2018).

Bus yang memiliki kapasitas 35 penumpang tersebut dilengkapi jaringan internet (WiFi), dan baru disediakan tiga unit dengan rute Tangcity-Bandara Soetta.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan fasilitas armada tersebut sebagai bentuk pengurangan penggunaan kendaraan pribadi menuju Bandara Soekarno Hatta. Pasalnya, dari data yang ada terdapat satu juta kendaraan pribadi yang masuk ke Bandara Soekarno Hatta.

“Ini sebagai bentuk perubahan mindset masyarakat ke transportasi umum yang fasilitasnya pun sama seperti menggunakan kendaraan pribadi,” kata Bambang.

Nantinya, angkutan bus ini akan melayani dua jam sekali mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Dengan rute Tangcity Mall – Jl. MH. Thamrin – Jl. Tol Jakarta Tangerang – Jl. Tol Lingkar Luar Barat – Jl Tol Dr. Sedyatmo – Jl. Raya Bandara Soekarno Hatta – Bandara Soekarno Hatta.

“Hanya butuh waktu satu jam menuju bencana, dan cuma dikenakan tarif promo Rp25 ribu, sebelum nantinya kembali ke tarif normal sebesar Rp35 ribu,” paparnya.

Pada 2018, pihak BPTJ juga telah mengeluarkan sebanyak 600 unit bus dengan berbagai destinasi dalam rangka pengurangan penggunaan kendaraan pribadi.

“Penurunan penggunaan kendaraan pribadi cukup signifikan kurang lebih 50 persen untuk wilayah Jabodetabek dan itu data yang masuk pada kami dan beralih ke transportasi umum,” tegasnya.

Sementara itu, Building Manager Tangcity Mall, Wina Andriyani mengatakan, jalur baru tujuan Bandara Soetta ini adalah langkah pihak swasta dalam mendukung pemerintah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Adanya rute baru ini, kami juga berharap minat animo masyarakat bisa tinggi dalam menggunakan kendaraan umum,” ujarnya. (ydh)

Komentar Anda

comments